Mohon tunggu...
Wanda Hamidah
Wanda Hamidah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati

Hallo saya Wanda Hamidah Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam S1

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW untuk Kehidupan Dunia dan Akhirat

5 November 2022   19:28 Diperbarui: 5 November 2022   19:44 460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Agama Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, Nabi terakhir untuk disebarkan kepada umat manusia agar dapat hidup bahagia di dunia dan di akhirat. Dalam Islam, ada banyak sekali amalan yang bisa dilakukan agar mendapat pahala bagi yang mengerjakannya, seperti sholat 5 waktu, zakat, Shodaqoh, berbuat baik kepada sesama, puasa, bersabar dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak amalan tersebut sholawat kepada Nabi Muhammad SAW juga menjadi salah satunya. Mengingat Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang membawa agama Islam untuk menyelamatkan umatnya dari kesesatan dan penyempurna agama-agama sebelumnya.

Dari sekian banyak nabi dan rasul Allah SWT, Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu utusan yang memberikan syafaat atau pertolongan untuk umat Islam di hari kiamat nanti. Agar bisa mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW kelak, kita sebagai umat muslim bisa melakukannya dengan mengamalkan sholawat kepadanya.

Cinta kita sebagai umat muslim kepada Nabi Muhammad adalah hal yang wajib. Sebagai umatnya kita harus mengikuti sunah-sunahnya baik tingkah laku, sifat maupun perbuatan beliau untuk membuktikan cinta kita kepadanya. 

Salah satu bukti kita mencintai beliau adalah dengan membaca sholawat kepadanya setiap hari, terkhusus di hari Jumat. Bahkan Allah SWT memerintahkan kepada umat islam agar selalu membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

Perintah tersebut terdapat pada suat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya "sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

ada banyak sekali bentuk sholawat kepada Nabi Muhammad yang bisa kita bacakan setiap harinya, terkhusus hari Jumat yaitu :
1. yang artinya "Semoga sholawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah)"
2. artinya " Ya Allah limpahkanlah sholawat kepadanya"
3. artinya " Ya Allah berikanlah rahmatmu kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad" dan masih banyak lagi bacaan sholawat kepada Nabi Muhammad.


Mengapa sholawat kepada Nabi Muhammad penting dilakukan? Karena sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Allah SWT memerintahkan kepada umat manusia agar bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang terdapat pada surat Al-Ahzab ayat 56. Karena ini perintah langsung dari Allah SWT pasti didalamnya mengandung keistimewaan dan manfaat yang baik bagi kehidupan kita. Keistimewaan tersebut diantaranya :

1.Dengan rutin membaca sholawat maka lisan kita akan selalu menyebut Nabi Muhammad SAW dimanapun dan kapanpun.
2.Jiwa menjadi tenang dan lebih taat beribadah
3.Dengan sholawat satu kali akan mendapatkan rahmat dan maghfirah 10 kali lipat dari Allah SWT
4.Membaca sholawat 10 kali akan dibalas dengan 100 kali, dan membaca 100 kali akan dijamin bebas dari munafik dan api neraka serta digolongkan dengan para syuhada.
Manfaat sholawat ini akan sangat terasa jika kita rutin membacanya, manfaat tersebut diantaranya :
1.Mendapat Syafaat dari Nabi Muhammad SAQ
2.Dengan bersholawat dapat menghapus dosa
3.Doa kita akan cepat terkabul jika sebelum doa selalu diawali dengan sholawat
4.Didoakan oleh para malaikat
5.Menaati perintah Allah SWT dan mendapat pahala
6.Diberikan petunjuk menuju surga. Dan masih banyak lagi manfaat dari sholawat kepada Nabi Muhammad.


Kesimpulan
Sholawat adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Karena sholawat memiliki banyak keistimewaan dan manfaat didalamnya, selain itu Allah SWT juga memerintahkan kepada hambanya agar bersholawat kepada Nabi Muhammad sebagaimana yang sudah dijelaskan. Oleh karena itu mari sama-sama kita bersholawat kepada Nabi Muhammad agar kelak di hari kiamat kita mendapatkan syafaat dari-Nya. Aamiin ya rabbal alamiin.

Referensi :
Ilahiah, Yufi Cantika. S. Bacaan Sholawat Beserta Manfaat dan Keutamaannya ( online ) https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi/bacaan-sholawat/amp/
Fauzi, Lutfan. 2022. Manfaat dan Keutamaan Membaca Sholawat Nabi ( online ) https://kalam.sindonews.com/read/713803/69/manfaat-dan-keutamaan-membaca-sholawat-nabi1647356617?showpage=all&_gl=1*1tq6rc1*_ga*clFuVGVQeU1NOUFhS0lNb1lNcndHOW9UU3IxWW1NX1NVcVZSc2RmckJwRXVkaW12RDVQSnk5blBudHV5S2JXTA..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun