Ada yang tau Hari Pelanggan Nasional ? tentunya buat kita para pelaku bisnis atau pelanggan setia perusahaan, Â hari pelanggan nasional (Hapelnas) tidak asing ditelinga. Â Setiap tanggal 4 September, peringatan Hapelnas dilakukan oleh perusahaan-perusahaan setiap tahunnya, untuk memberi apresiasi pada konsumen atau pelanggan yang setia pada produk perusahaan.
Untuk menjalankan roda perekonomian bisnis perusahaan, Â konsumen merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Karena dengan adanya konsumen, maka perusahaan dapat menjual, memasarakan produk.
Konsumen sebagai rantai ekosistem perekonomian, selayaknya diberikan apresiasi, untuk menambah hubungan perusahaan dengan konsumen. Oleh karena itu, muncul sebuah ide dari seorang pengusaha asal solo, Hendi irawan pada tahun 2003, dia memikirkan sebuah cara bagaimana caranya agar perusahaan memiliki orientasi pada pelanggan dan membentuk budaya pelayanan yang baik.
Sehingga dapat menambah jalinan emosional antara perusahaan dan pelanggan.
Kepuasaan pelanggan adalah faktor utama, dapat dilihat sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan sesuai apa yang diharapkan oleh pelanggan. Memberikan hal lebih, pelanggan akan merasa menjadi bagian perjalanan perusahaan. Â banyak jara memberikan apresiasi pada pelanggan, bukan sebatas peringatan semata. Seringkai mperusahaan melakukan penawaran khusus pada pelanggan.
Manfaat dari  Hapelnas, mengadakan seremonial yang mengundang antusias masyarakat karena biasanya perusahaan akan memberikan diskon, bonus, promo, dan bagi -- bagi bingkisan hadiah untuk para pelanggan dengan tujuan memberikan apresiasi lebih.
Momen seperti ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyatukan perusahaan dan karyawan, sebab peran karyawan sebagai garis dengan bekembangnya sebuah perusahaan tidak dilupakan begitu saja. Cara seperti ini kemudia dilakukan oleh perusahaan agar tetap eksis dan tidak tergerus oleh persaingan bisinis yang ketat
Dengan demikian Hapelnas dapat  menjalin ikatan lebih antara perusahaan, karyawan dan pelanggan memposisikan rantai bersamaan untuk kemajuan perusahaan. Sehingga dapat menanamkan perasaan lebih dan pelanggan datang bukan saat membutuhkan produk atau jasa perusahaan tapi lebih dari itu pelanggan akan merasakan kepedulian terhadap perusaaan sehingga  memberikan nilai tambah.
Temukan perusahaan yang memberikan apresiai kepada pelanggan dan nikmati keseruan dengan apa yang perusahaan berikan dalam peringatan Hari Pelanggan Nasional. Banyak manfaat dari adanya Halpenas salah satunya, jika kita menjadi pelanggan tetap perusahaan, kita akan dihubungi oleh pihak terkait dan mendapatkan bingkisan sebagai bentuk apresiasi pada pelanggan.