Mohon tunggu...
Walid Alfauzi
Walid Alfauzi Mohon Tunggu... Penulis Amatir

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cara Memasak Jengkol Sampai Baunya Hilang Tak Terasa

16 April 2021   13:50 Diperbarui: 16 April 2021   15:12 154 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Memasak Jengkol Sampai Baunya Hilang Tak Terasa
Gambar Jengkol (sumber : konten.co.id)

Jengkol merupakan salah satu bahan makanan dengan bau yang khas dan menyengat, ketika anda saat buang air kecil dan buang angin. Meskipun begitu banyak orang yang menyukai jengkol ini naum tidak suka dengan baunya yang tidak sedap karena sangat menyengat. 

Selain itu, jengkol ini juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita yaitu jengkol mampu menjadi sumber protein yang bagus bahkan lebih bagus dari kacang hijau dan mampu mencegah penyakit maag (sakit perut). Berikut adalah 4 cara untuk memasak jengkol sampai baunya hilang tak terasa adalah sebagi berikut :

Pertama, kupas hingga tak tersisa kulit jengkol dan cuci hingga bersih. Proses ini akab membutuhkan ketlitian, karena jika masih terdapat kulit jengkol ini mampu mempengaruhi masakan jengkol ini yang tidak ada rasanya. Lakukanlah dengan teliti dan sabat.

Kedua, rendamplah jengkol yang sudah dibersihkan ini menggunakan air bekas cucian beras yang masih berwarna keputihan selama semalaman. Jadi, air dari cucian beras ini dari pada dibuang-buang lebih baik dimanfaatkan dengan baik, tidak lain yaitu untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada jengkol ini.

Ketiga, rebuslah jengkol menggunakan bubuk kopi atau daun jeruk purut. Pisahkan jengkol yang direndam menggunakan air cucian beras tadi. Disini adalah cara pentingnya untuk menghilangkan bau tak sedap yaitu merebus jengkol dengan menggunakan bubuk kopi hingga jengkolnya terlihat empuk dan bau tdak sedapnya tidak terasa lagi. Sedangkan jika hendak menggunakan daun jeruk perutu caranya juga hampir sama dengan bubuk kopi yaitu irislah daun jeruk purut yang sudah anda siapkan lalu rebus bersamaan dengan jengkol. Cara yang ketiga ini dilakukan sebelum jengkolnya akan dimasak menjadi makanan.

Terakhir, pisahkan jengkol dengan rebusan tadi lalu jengkol siap untuk dimasak dengan menggunakan bahan kesukaan anda. Jadi, ketika jengkol tersebut sudah menghilangkan baunya setelah itu masaklah jengkol tersebut sesuai dengan menu yang anda inginkan.

Kita sebagai masyarakat indonesia harus bangga dengan adanya jengkol ini, karena banyak dari orang luar negeri yang ketagihan makan jengkol. Kalo saya sendiri juga penggemar jengkol terutama semur jengkol tapi kalo lagi mau yang pedas-pedas juga masak jengkol balado. Kalo kalian bagaimana? Tolong diketik dikolom komentar ya. Demikian dari saya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan terima kasih.

VIDEO PILIHAN