Mohon tunggu...
Walentina Waluyanti
Walentina Waluyanti Mohon Tunggu... Penulis - Menulis dan berani mempertanggungjawabkan tulisan adalah kehormatan.

Penulis. Bermukim di Belanda. Website: Walentina Waluyanti ~~~~ Email: walentina.waluyanti@upcmail.nl ~~~ Youtube channel: Kiki's Mom

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Melongok Kamar Gas Maut Masa Hitler di Jerman

19 Januari 2022   10:06 Diperbarui: 20 Januari 2022   16:00 1928 116 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Situs sejarah kamp konsentrasi Dachau di Jerman. (dokpri)

"Kami sangat terguncang dengan apa yang kami temui. Ketika kami membuka boks-boks truk, kami mendapati timbunan mayat kotor di semua truk. Semuanya tinggal tulang berbalut kulit. Banyak mayat dengan lubang peluru di dada atau di kepala."

"Lalu kami masuk melewati pintu gerbang. Dari segala penjuru bermunculan manusia, kalau masih dapat disebut manusia. Mereka seperti kerangka hidup, sangat kotor dan bau, mendekati kami. Mereka mengeluarkan suara lemah, berusaha menyentuh kami. Seketika kami mundur, berteriak agar mereka tidak mendekat."

Tentara Amerika yang bersaksi menambahkan, di mana-mana di tempat itu berhawa sangat busuk. Bau kotoran manusia seperti bergantung di udara di kamp konsentrasi itu.

Begitu terguncangnya tentara Amerika dengan pemandangan itu, sehingga beberapa tentara Nazi yang mereka dapati di kamp itu, langsung ditembak mati di tempat. Padahal ini sebetulnya melanggar prosedur hukum perang.

Saya membaca kesaksian tentara Amerika di atas, pada keterangan di kamp konsentrasi di Dachau di Jerman, sekarang jadi museum.

Kesaksian di atas adalah kesaksian tentara Amerika ketika pertama kali datang ke kamp konsentrasi Dachau di Jerman. Pada 29 April 1945 pasukan Amerika datang membebaskan para tahanan di kamp konsentrasi, ketika Hitler akhirnya kalah perang.

Foto: Pembebasan oleh tentara Amerika di kamp konsentrasi Dachau. (Sumber: KZ Gedenkstatte Dachau)
Foto: Pembebasan oleh tentara Amerika di kamp konsentrasi Dachau. (Sumber: KZ Gedenkstatte Dachau)

Kamp Konsentrasi Dachau

Ini adalah kunjungan kedua saya ke kamp ini. Pada kunjungan pertama 8 tahun lalu, barak tahanan masih dibuka untuk pengunjung. Ketika itu pengunjung masih diizinkan melihat tempat tidur susun dan WC tahanan di dalam barak.

Tempat tidur dan toilet tahanan yang diperlihatkan adalah tiruan. Yang aslinya dihancurkan setelah pembebasan tahanan, karena alasan higienis, terutama akibat epidemi tifus yang melanda kamp saat itu.

Pada masa corona ini, yang dibuka hanya gedung museum dan bangunan yang terdiri dari unit kamar gas dan krematorium.

Banyak keterangan yang bisa dibaca pengunjung di museum kamp konsentrasi yang telah menjadi situs sejarah ini, yang disebut Dachau Concentration Camp Memorial Site. Di Jerman disebut KZ Gedenkstatte Dachau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan