Mohon tunggu...
Walentina Waluyanti
Walentina Waluyanti Mohon Tunggu... Penulis - Menulis dan berani mempertanggungjawabkan tulisan adalah kehormatan.

Penulis. Bermukim di Belanda. Website: Walentina Waluyanti ~~~~ Email: walentina.waluyanti@upcmail.nl ~~~ Youtube channel: Kiki's Mom

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Jadi Penulis Spesialis? Ini Tantangan dan Keuntungannya

2 Januari 2022   09:35 Diperbarui: 6 Januari 2022   14:01 1185 110 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penulis sekaligus pembawa acara kuliner, Bondan Winarno. Sumber: Dokumen pribadi Bondan Winarno (Instagram/@maknyusbw)

Penulis: Walentina Waluyanti

Berbagai media di Indonesia menyebutnya sebagai pakar kuliner. Dalam dunia kuliner, nama Bondan Winarno sudah tidak asing lagi di Indonesia. Ia dikenal dengan jargonnya, "maknyus!".

Siapa sangka Bondan Winarno bisa mencapai kepakarannya, meskipun ia tak sempat menyelesaikan kuliahnya? Melansir KOMPAScom, Bondan Winarno pernah kuliah di Fakultas Teknik jurusan Teknik Arsitektur di Universitas Diponegoro, Semarang. Tapi kuliahnya itu tidak sampai selesai. (Sumber)

Memang, sebelum berfokus menulis topik kuliner, Bondan Winarno juga seorang jurnalis yang tentunya menulis hal-hal lain di luar kuliner. Misalnya, ia juga menulis masalah manajemen. Di bidang penulisan fiksi, ia pernah memenangkan hadiah pertama lomba penulisan cerpen. 

Ia menulis di kolom-kolom berbagai penerbitan di Indonesia, dan pernah menjadi Pemimpin Redaksi Suara Pembaruan (2001-2003). Pria kelahiran Surabaya (wafat tahun 2017) ini, pernah menjadi presenter untuk acara kuliner di salah satu stasiun TV nasional.

Bondan Winarno dikenal sebagai wartawan yang punya banyak keahlian. Ia juga seorang pengusaha. Tapi yang paling dikenal luas adalah bahasannya tentang kuliner. Ini karena ia banyak menulis tentang kuliner di kolom-kolom beberapa penerbitan, yang membuatnya kemudian dikenal sebagai penulis spesialis bidang kuliner.

Kolom yang membuat nama Bondan Winarno banyak dikenal, adalah kolom yang bernama "jalansutra" yang memuat tulisan-tulisannya. Kolom "jalansutra" adalah kolom kuliner di Suara Pembaruan Minggu dan Kompas Cyber Media (2000-2003). Nama kolom ini kemudian menjadi nama komunitas kuliner "jalansutra" yang sempat diasuh oleh Bondan Winarno semasa hidupnya.

Meraih Kompetensi Tanpa Gelar Akademis 

Bondan Winarno membuktikan, gelar akademik bukanlah syarat utama untuk menjadi penulis spesialis. Penulis spesialis adalah penulis yang membahas satu tema spesifik dalam tulisan-tulisannya.

Ia memang gagal meraih diploma sebagai arsitek. Tetapi ia bisa memperoleh predikat "pakar" karena tulisan-tulisannya tentang kuliner.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan