Mohon tunggu...
Walentina Waluyanti
Walentina Waluyanti Mohon Tunggu... Penulis - Menulis dan berani mempertanggungjawabkan tulisan adalah kehormatan.

Penulis. Bermukim di Belanda. Website: Walentina Waluyanti ~~~~ Email: walentina.waluyanti@upcmail.nl ~~~ Youtube channel: Kiki's Mom

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Menulis Setiap Hari, Mengapa Tulisan Tak Berkembang?

2 Desember 2021   05:29 Diperbarui: 3 Desember 2021   02:23 1670 104 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menulis | Sumber: Pexels/Tirachard Kumtanom

Penulis: Walentina Waluyanti

Menulis saja sudah sulit. Apalagi menulis setiap hari. Orang yang paham sulitnya menulis, tidak akan mudah mengucapkan, "Menulis tiap hari, tulisannya kok begitu-begitu saja!"

Kalaupun kalimat di atas diucapkan, tentu ada konteksnya. Paman saya mantan wartawan. Dari muda sampai tua, sudah pensiun, ia terus menulis. Setelah pensiun, setiap hari ia keasyikan menulis di blognya.

Tapi meskipun sudah menulis setiap hari dari muda sampai tua, ia malah diledek saudaranya, "Sudah menulis setiap hari seumur hidup, tulisannya kok begitu-begitu saja sih?"

Ledekan ini secara tersirat bisa berarti, "Sesuatu yang dilakukan setiap hari bukankah seharusnya membuat seseorang semakin mumpuni?'

Paman saya membela diri sekenanya, "Masih mending saya, daripada kalian. Cuma bisa ngomong. Coba kalian nulis setiap hari. Iso opo ora?

Menulis, Pelajaran Seumur Hidup Tanpa Henti

Orang cenderung berekspektasi tinggi terhadap penulis yang sudah berpengalaman, produktif, menulis setiap hari, apalagi kalau sudah memasuki usia "senior".

Tetapi zaman sudah berubah. Faktor usia tidak selalu seiring sejalan dengan keterampilan menulis

Kita tahu, banyak penulis berusia muda, kemampuan menulisnya sangat mengagumkan, dengan kematangan yang bahkan bisa saja melebihi penulis sepuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan