Mohon tunggu...
Walentina Waluyanti
Walentina Waluyanti Mohon Tunggu... Penulis - Menulis dan berani mempertanggungjawabkan tulisan adalah kehormatan.

Penulis. Bermukim di Belanda. Website: Walentina Waluyanti ~~~~ Email: walentina.waluyanti@upcmail.nl ~~~ Youtube channel: Kiki's Mom

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Berpetualang dengan Caravan Seberangi Lautan ke Yunani

26 Oktober 2021   11:25 Diperbarui: 27 Oktober 2021   12:31 674 36 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Caravan yang diangkut ke kapal di pelabuhan Ancona Italia menuju Yunani

Rencana perjalanan dengan caravan ke Yunani sejak tahun lalu, tertunda akibat corona. Tahun lalu sejumlah negara di Eropa masih tertutup untuk wisatawan, terutama yang ingin ke tempat camping. Akhirnya tahun ini sejumlah tempat camping di Eropa mulai dibuka.

Tempat camping memang esensial bagi pelancong yang ingin berwisata dengan caravan atau jenis mobil rumah (home car) lainnya. Karena meskipun caravan itu punya fasilitas lengkap di dalamnya (dapur mini, kulkas, toilet/mandi, meja makan, tempat tidur), ini tidak berarti caravan boleh menginap sembarangan di pinggir jalan. Juga tidak boleh menginap di rest area di jalan-jalan. 

Jika ada polisi yang berpatroli, maka pemilik caravannya bisa kena denda. Kalau hanya parkir memang boleh, tapi bukan menginap.

Menginap di jalanan bagi caravan atau home car lainnya, tergolong illegal di Eropa. Jika ingin menginap di caravannya, pengendara harus melakukannya di tempat camping. 

Di bawah ini saya berbagi pengalaman melalui video tentang camping dengan caravan di Eropa. Video di bawah ini adalah lanjutan dari video sebelumnya.


Di Eropa, tempat camping bukan sekadar rekreasi di tengah alam. Lebih dari itu, tempat camping adalah juga tempat yang memang diperuntukkan bagi para pengendara caravan atau home car lainnya untuk menginap. 

Selain itu, tempat camping juga menyediakan rumah liburan bagi mereka yang tidak membawa tenda, caravan atau jenis mobil rumah lainnya.

Foto: Tempat camping sebagai tempat menginap bagi caravan dan jenis mobil rumah lainnya
Foto: Tempat camping sebagai tempat menginap bagi caravan dan jenis mobil rumah lainnya
Kalau mau menginap di hotel, seperti yang kadang kami lakukan di sela perjalanan dengan caravan, maka caravan itu cukup ditinggal dan diparkir di tempat camping. 

Mobil untuk menarik caravan itu, kami lepaskan dari pengait yang menghubungkan dengan caravan. Lalu dengan mobil, kami menuju hotel.

Misalnya, saat kami mengunjungi Athena, memang ada tempat camping di sekitar Athena. Tapi tempat campingnya tidak sesuai harapan. Sehingga kami lebih memilih tempat camping yang sedikit jauh dari Athena, karena fasilitasnya lengkap dan bersih. Dan karena tempat camping ini cukup jauh dari Athena, sehingga kami lebih memilih menginap di hotel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan