Mohon tunggu...
Wakuliner Solusi Kuliner
Wakuliner Solusi Kuliner Mohon Tunggu... All-in-one Culinary App
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Wakuliner adalah platform kuliner pertama & terlengkap di Indonesia, yang menyediakan beragam layanan kuliner.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Uniknya Sate RSPP, 1 Tempat 2 Pedagang

1 Oktober 2019   09:16 Diperbarui: 1 Oktober 2019   10:10 50 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Uniknya Sate RSPP, 1 Tempat 2 Pedagang
WAKULINER

Hai Wakulovers! Buat kalian yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya pasti tidak asing dengan Sate RSPP. Yap, warung sate ini dinamai RSPP karena terletak di depan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta. 

Warung yang tidak pernah sepi pengunjung ini memang memiliki menu spesial yakni sate ayam dan sate kambing yang amat sangat enak! Tidak heran warung yang telah berdiri sejak tahun 1960-an ini terus bertahan hingga kini dan semakin banyak saja penggemarnya.

Ada yang unik dari warung sate ini. Kalau kita perhatikan, tulisan di spanduknya berubah-ubah lho antara Sate Haji Romli atau Sate Pak Muri. Nah, kalian jangan bingung dulu ya sebetulnya warung sate ini milik siapa karena ternyata Haji Romli dan Pak Muri ini bersaudara. 

Pak Muri adalah adik dari Haji Romli. Pada pukul 08.00 hingga 15.00, kalian akan menikmati sate racikan Haji Romli sedangkan mulai jam 15.30 hingga larut malam, kalian akan menikmati Sate Pak Muri. Antar saudara saling berbagi lapangan rezeki ya, patut banget dicontoh!

Untuk sate ayam, sate RSPP baik dari H Romli maupun Pak Muri, keduanya memiliki ciri khas yang sama yaitu memiliki potongan daging ayam yang ditusuk berseling kulit. Sehingga sate yang dihasilkan lebih gurih dan juicy. 

Setelah itu, dibakar dengan kipas tradisional dan bukan kipas angin listrik. Hasilnya adalah aroma sate yang nikmat dengan rasa daging begitu gurih dan lembut. Setelah itu, di gerobak sate, sate yang sudah dibakar ditambah dengan bumbu kacang yang sedap dan lembut, kecap, dan taburan bawang goreng. 

Begitu juga dengan sate kambing. Rasanya juga nikmat dengan bumbu kecap yang lezat. Daging kambingnya empuk dan seperti tradisi di sini, semuanya dibakar dengan kipas tradisional yang membuat daging menjadi matang dan bumbu meresap ke dalam.

Meski sama-sama enak, tetap ada perbedaannya antara mereka. Sate Pak Muri memiliki aroma yang lebih kuat karena saat membakar sate, minyak ayam akan dituang ke sate sehingga menambah aroma khas sate. 

Selain sate ayam dan sate kambing, di kedai sate Pak Muri juga tersedia sate kulit ayam dan jeroan. Tuh Wakulovers, kalian kudu banget coba makan disini ya. Satenya biasa disajikan dengan lontong yang lembut dan semakin menambah kenikmatan sate RSPP.

Kalau Wakulovers mau kesini cek saja petunjuknya di Wakuliner. Dijamin kalian akan ketagihan dengan kelezatan sate RSPP entah kalian makan saat pagi, siang, sore atau malam. Jika sudah mencoba sate RSPP, jangan lupa cobain juga kuliner legendaris Jakarta lainnya ya dengan cek informasinya di Wakuliner. Selamat berkuliner ria! 

VIDEO PILIHAN