Wakuliner
Wakuliner

Marketplace Kuliner Pertama di Indonesia, untuk One-Stop Solusi Kuliner Anda.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Makanan Unik Nusantara

12 Oktober 2018   16:36 Diperbarui: 12 Oktober 2018   17:17 247 0 0

Telah kita ketahui bersama bahwa, Negara kita Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar. Dengan kondisi geografis yang begitu luas, maka tak heran jika Indonesia memiliki beragam suku dan budaya. Kekayaan Indonesia tidak hanya dari sumber daya alam yang melimpah ruah, namun kekayaan budaya yang begitu majemuk menjadi salah satu pemersatu bangsa di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ada suku Jawa, Madura, Betawi, Batak dan masih banyak lagi suku lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

Disamping suku, ras dan agama, lahirlah berbagai macam jenis makanan yang bermacam -- macam juga. Semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas. Pada artikel kali ini Wakuliner yang memiliki jasa pemesanan makanan online se Indonesia akan membahas tentang tiga jenis kue.

Pertama adalah kue dolar. Masakan nusantara khas Surabaya ini tidak menyerupai uang kertas ataupun berhubungan dengan mata uang asing tersebut. Namun, bentuknya yang bulat dan pipih mungkin menjadi alasan mengapa orang zaman dahulu menyebutnya kue dolar. Rasanya bermacam-macam, ada yang gurih, renyah dengan taburan wijen, ada gurih keju, dan ada juga yang beraroma jahe. Kue dolar juga cukup identik sebagai kue tempo dulu. Usaha kue dolar pertama kali muncul tahun 1936 yang diberi nama Kuweh Dollar Tjap Masin di Surabaya. Kini, tokonya bisa Kamu temukan di main hall tahap I dan III Pasar Atum, dan Kamu pun bisa melihat langsung pembuatan kue dolar di sana.

Roti Ketawa
Ada roti yang bisa tertawa? Roti khas Sumatera Utara ini berbentuk bulat dan ada belahan di permukaannya yang mirip seperti sebuah senyuman atau ketawa. Sama-sama ditaburi dengan wijen di atasnya, roti ketawa sering disebut serupa dengan onde-onde, hanya saja teksturnya keras. Masakan nusantara ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh Pematangsiantar. Ada dua jenis roti ketawa, yaitu ukuran besar dan ukuran kecil, namun jika berkunjung ke Sumatera Utara bentuk aslinya kebanyakan berukuran besar. Roti ketawa yang masih panas akan terasa lebih lembut dan gurih, sehingga cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh hangat.

Kue Satu
Mungkin Kamu sudah sering melihat kue satu menjadi sajian khas saat lebaran. Kue kecil berwarna putih ini salah satu masakan nusantara warisan Jawa Barat yang sudah ada sejak dulu. Bagi orang yang masih mengenal kental budaya Pasundan, resep pembuatan kue satu sudah diwariskan secara turun-temurun. Kue berbahan dasar kacang hijau ini bukan hanya hadir saat perayaan besar, namun juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh dari Tanah Sunda. Cara membuatannya pun masih memegang teguh cara pembuatan tradisional yang menggunakan paparan sinar matahari untuk mengeringkan kue.