Mohon tunggu...
Otoblogging
Otoblogging Mohon Tunggu... new day

Have a new day

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mesin Mobil Anda Berbunyi Klotok-klotok? Mungkin Hal Ini Penyebabnya!

1 Maret 2021   11:13 Diperbarui: 1 Maret 2021   11:32 147 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mesin Mobil Anda Berbunyi Klotok-klotok? Mungkin Hal Ini Penyebabnya!
mesin-bunyi-klotok-klotok-603c6251d541df6791092c23.jpg

Setiap Pemilik mobil pasti selalu merawat mobilnya dengan rutin, walaupun ada saja kejadian mesin mobil yang berbunyi klotok-klotok. Saat mesin mobil berbunyi klotok-klotok, itu artinya mesin bermasalah di suatu tempat. Berikut ada beberapa kemungkinan bunyi tersebut terjadi :

  • Oli Belum Naik

Mesin berbunyi klotok-klotok juga bisa disebabkan oleh oli yang belum naik, hal ini terjadi karena mobil sudah dipakirkan cukup lama seperti tiga sampai lima hari. Oli mobil mengalir akibat bantuan komponen seperti pompa. Pompa ini hanya akan bekerja disaat mesin mobil menyala. Dan tentu saja bunyi klotok-klotok wajar saat mobil baru dinyalakan karena oli belum naik.

  • Oktan Rendah

Suara klotok-klotok berasal dari ledakan bahan bakar yang tercampur di dalam silinder, bahan bakar ini meledak lebih dari satu tempat. Saat mobil anda memiliki mesin yang bekerja dengan bahan bakar beroktan tinggi, dan anda mengisi kendaraan anda dengan bahan bakar beroktan rendah. Bisa saja ini menjadi sumber masalah bunyi klotok-klotok. Untuk itu anda perlu mengetahui peringkat oktan yang tepat untuk kendaraan anda. campuran udara / bahan bakar yang tidak cukup di setiap silinder, memungkinkan terjadi beberapa ledakan sehingga mesin mobil berbunyi klotok-klotok.

  • Sensor Knock

Masalah bunyi klotok-klotok ini jarang terjadi pada mobil modern, karena rasio udara/bahan bakar, injektor bahan bakar, dan pengaturan waktu semuanya dikontrol oleh komputer. Ada juga teknologi yang mendeteksi ketukan mesin dan memberi informasi kepada komputer, sehingga masalah ini akan diperbaiki secara otomatis.

  • Bantalan Sudah Aus

Disaat bantalan piston aus, Piston akan berkertak di poros engkolnya dan menciptakan suara klotok-klotok. Sehingga anda memerlukan bantalan yang baru untuk piston, atau anda dapat memperbaiki poros engkol piston yang terletak di dalam mesin dan memerlukan waktu lama.

  • Katrol Sabuk Usang

Sumber lainnnya berasal dari sabuk katrol saat mesin bekerja. Komponen ini harus memiliki tegangan yang tepat, tidak terlalu kendor ataupun ketat. Sabuk katrol yang tidak berfungsi dengan benar dapat menyebabkan mesin berbunyi klotok-klotok.

Saat anda sudah melihat beberapa penyebab diatas dan masih belum menemukan penyebab utama dari mesin berbunyi klotok-klotok, sebaiknya anda segera merawat mobil anda ke bengkel terdekat atau bengkel terpercaya. Di bengkel kendaraan anda akan mendapatkan perawatan oleh ahlinya, dan dapat membuat kendaraan anda dalam kondisi semula. Lebih baik berhati-hati, dari pada tidak peduli sama sekali.

VIDEO PILIHAN