Mohon tunggu...
Otoblogging
Otoblogging Mohon Tunggu... new day

Have a new day

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Mengganti Oli Mobil Sendiri

24 Februari 2021   14:12 Diperbarui: 1 Maret 2021   09:25 53 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengganti Oli Mobil Sendiri
cara-mengganti-oli-mobil-603c4ff7d541df03462121f3.jpg

Untuk anda yang ingin menghemat dan menghindari kecurangan yang sering terjadi oleh bengkel nakal, pastilah anda ingin tahu cara mengganti oli mobil anda sendiri di rumah. Namun walau ini bisa dilakukan sendiri alangkah baiknya anda mengikuti prosedur yang ada, agar tidak terjadi kesalahan saat mengganti oli anda. Berikut prosedur yang dapat anda ikuti saat mengganti oli mobil anda :

  • Matikan Mesin

Hal pertama yang sudah pasti harus dilakukan ialah mematikan mesin. Tidak mungkin bukan anda mengganti oli mobil anda dalam keadaan menyala, pastikan suhu mobil tidak terlalu panas atau suhu normal.

  • Mendongkrak mobil

yang kedua yaitu mendongkrak mobil. Dongkrak bagian depan mobil, dan pastikan juga posisinya sudah benar. Dongkrak ini memudahkan anda dalam menguras oli mesin yang sudah lama, jangan lupa untuk membuka kap mesin dan tutup tangki olinya.

  • Wadah Bekas Oli

selanjutnya taruh wadah untuk bekas oli tepat di bawah tangki olinya, letakkan juga alas seperti koran dibawah wadahnya supaya oli tidak jatuh ke lantai.

  • Buka Penutup Dan Kuras Oli Lama

Buka baut tangki oli, dan tunggu hingga oli lama benar-benar habis. Buka juga bagian filter olinya, karena biasanya ada sisa dari oli lama.

  • Pasang Filter Baru Dan Penutup Oli

Setelah itu pasang filter oli yang baru, sebaiknya filter lama tidak digunakan karena oli lama bisa tercampur dengan oli baru. Jangan lupa pasang penutup oli dengan rapat, dan pastikan tidak ada lagi yang menetes.

  • Tuang Oli Mesin Baru

Langkah terakhir yaitu menuangkan oli mesin yang baru. Saat sedang mengisi tangki oli pastikan takarannya sudah sesuai dengan takaran mobil anda. Pastikan level oli tidak kurang dan juga tidak lebih. Untuk mengecek levelnya, gunakan dipstick dan pastikan sesuai takaran yang dianjurkan.

  • Panaskan Mesin

Setelah anda selesai melakukan langkah diatas dan akan menggunakan mobil, sebaiknya anda panaskan dulu mesin anda agar oli baru melumasi semua komponen yang membutuhkan oli. Setelah itu anda dapat menggunakan mobil anda kembali.

Begitulah cara-cara mengganti oli mobil sendiri di rumah. Namun bila anda tidak bisa menggantinya sendiri, mintalah bantuan orang lain atau anda bisa ke bengkel terpercaya anda. Lebih baik untuk anda meminta bantuan, daripada melakukannya sendiri dan gagal.

VIDEO PILIHAN