Mohon tunggu...
Wajih
Wajih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakir Ilmu

Hanya manusia biasa yang berusaha menjadi manusia yang sebenar-benarnya manusia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Media Konvensional Vs Media Baru

1 April 2021   21:31 Diperbarui: 1 April 2021   21:33 69 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Media Konvensional Vs Media Baru
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nama penulis ialah Muhammad Wajih As'ad. Biasa dipanggil Wajih. Saat ini status penulis ialah sebagai mahasiswa di Universitas Ahmad Dahlan. Kali ini penulis ingin berbagi pengalaman dan menjabarkan perbedaan Media Konvensional dengan Media Baru

Media Komunikasi merupakan sebuah sarana atau alat yang digunakan sebagai penyampaian pesan, dari komunikator kepada komunikan (khalayak). Media berasal dari bahasa latin "medium" yang memiliki arti "perantara" atau "pengantar". Media juga diartikan sebagai sesuatu yang menjadi perantara atau penengah komunikasi, serta saluran komunikasi antara pengirim dan penerima pesan berlangsung.

Media memiliki beberapa definisi dari pandangan para ahli, diantaranya:

  • Nurhayati

Media komunikasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, sehingga seorang guru atau dosen harus mampu mengidentifikasi media-media yang dibutuhkan sebelum memulai proses pembelajaran. Perawat gigi dalam memberikan upaya promotif berupa penyuluhan dapat disetarakan dengan seorang guru atau dosen yang mengajar dikelas. Dengan demikian perawat gigi hendaknya memahami seni mengelola kelas selama komunikasi dalam penyuluhan.

  • Mc Luhan

Media adalah sarana yang disebut juga sebagai channel, karena pada hakikatnya media dapat memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk mendengarkan, merasakan, dan melihat dalam batas-batas ruang, jarak,dan waktu yang hampir tak terbatas.

  • Cangara

Menurut Cangara, media merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk menyebarkan pesan komunikasi dari komunikator kepada khalayak.

  • Badusah

Media adalah suatu kaedah atau perantara berkomunikasi yang berhubungan antara satu sama lain seperti menggunakan kabar, berita dan gambar untuk menyebarkan maklumat dan pandangan. Dalam proses pengajaran dan pembelajaran, ia merupakan perantaraan yang menghubungkan maklumat dan tujuan pengajaran guru dengan penerima yaitu pelajar yang akan memproses perantaraan itu, dan jika sesuai dapat diterima oleh pelajar dengan berkesan.

Nah, Media Komunikasi ini ada dua macamnya yaitu, Media Konvensional (Conventional Media) dan Media Baru (New Media).

Media Konvensional

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata konvensional berarti "tradisional". Dapat disimpulkan bahwa, media konvensional yaitu sebuah media alat tradisional yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak. Media konvensional juga banyak bentuk dan jenisnya. Berikut ini, penulis akan menjabarkannya secara mendetail dan berbagi pengalaman menggunakan media konvensional ini.

  • Radio

Radio sendiri merupakan salah satu media konvensional berbasis suara (audio). Radio ini ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1896. Radio juga mempunyai sejarah yang patut diapresiasi dalam sejarah Indonesia. Namanya ialah Jusuf Ronodipuro, salah satu pendiri radio pertama di Indonesia pada tanggal 11 September 1945 yang bernama Radio Republik Indonesia (RRI). Beliau mempunyai jasa yang sangat besar terhadap kemerdekaan Indonesia. Beliau menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh penjuru dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN