Mohon tunggu...
Wahyuni Ajeng
Wahyuni Ajeng Mohon Tunggu...

Ajeng adalah seorang mahasiswa di masa akhir kuliahnya dan berharap bisa segera lulus, karena bayaran kuliah yang mahal.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Fitur-fitur Penting di Media Sosial

27 Januari 2017   17:48 Diperbarui: 27 Januari 2017   17:51 2324 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fitur-fitur Penting di Media Sosial
socialmediatoday.com

Media sosial merupakan tempat yang pas untuk bertemu dan menjalin hubungan dengan teman-teman atau kenalan baru. Hampir setiap hari, berjuta-juta pengguna menghubungkan akun mereka ke media sosial dengan beragam maksud dan tujuan. Ada yang menggunakan untuk media sosial untuk bisnis atau hanya sekadar bersosialisasi. Berikut penulis merangkum beberapa media sosial dan kegunaan mereka masing-masing.  

Media Sosial untuk Update Sehari-hari

  • Twitter: twitter terkenal dengan fiturnya yang hanya dapat menulis 140 karakter sekali post. Penggunaan twitter memang lebih baik untuk menyampaikan pesan-pesan singkat yang penting. Beberapa media sosial mengintegrasikan aplikasi mereka dengan twitter, sehingga kamu bisa postkonten di medsos lain ke twitter.
  • Facebook: melalui facebook, kamu bisa menambahkan foto, video, dan pesan dengan limit karakter yang lebih banyak dari twitter. Siapapun yang menambahkan akunmu sebagai teman, harus melalui proses penyetujuan terlebih dahulu. Facebook juga terintegrasi dengan banyak media sosial lainnya.

Media Sosial untuk Foto

  • Flickr: flickr merupakan media yang tepat untuk berbagi foto profesional yang kamu ambil. Melalui flickr, kamu bisa mengunduh dan mengunggah foto-foto dengan resolusi tinggi. Flickr biasanya digunakan fotografer untuk membangun portofolio mereka.
  • Instagram: bagi penyuka fotografi namun merasa  tidak terlalu ahli, kamu bisa menggunakan instagram. Melalui instagram, pengguna bisa mengedit foto-foto mereka dengan fitur yang telah disediakan instagram. Fotografer pun terkadang menggunakan instagram sebagai wadah portofolio mereka.
  • Snapchat: kalau kamu hanya suka foto-foto yang tidak terlalu serius, snapchat lah tempatnya. Di snapchat kamu bisa berbagi selfie, video, atau foto-foto lainnya. Snapchat juga memiliki filte rdan effect yang dijamin dapat membuat penggunanya ketagihan menggunakan snapchat.

Media Sosial untuk Berbagi Ilmu dan Hobi

  • Medium: medium merupakan media seperti twitter, namun telah dikembangkan dengan lebih banyak fitur, sehingga medium lebih tepat disebut sebagai blog. Medium biasanya digunakan para profesional untuk berbagi ilmu yang mereka miliki dalam bentuk artikel. Medium bisa digunakan sebagai tempat pembelajaran dan berbagi ilmu secara gratis.
  • Quorra: quora lebih tepatnya merupakan sebuah forum, di mana penggunanya dapat menanyakan pertanyaan dan pertanyaan mereka akan dijawab oleh pengguna lain. Melalui quora, kamu bisa menanyakan dan berdiskusi tentang berbagai macam hal. Mulai dari hobi, seperti membaca atau menonton, atau berbagi ilmu.

Alat Pelengkap Media Sosial

  • Hootsuite: hootsuite adalah social media management tools atau alat manajemen media sosial. Melalui hootsuite, penggunanya dapat mengawasi beberapa akun media sosial mereka secara sekaligus hanya melalui satu dashboard. Hootsuite memiliki fitur yang beragam, seperti menjadwalkan waktu posting, menganalisa engagement rate akun media sosial kamu, sampai mengintip siapa saja yang membicarakan tentang media sosial kamu.
  • Tweetdeck: tweetdeck adalah alat manajemen media sosial untuk membantu melengkapi kebutuhan menggunakan twitter. Konsep tweetdeck kurang lebih sama seperti hootsuite, hanya saja, tweetdeck adalah aplikasi khusus untuk twitter. Melalui tweetdeck, kamu juga bisa membuka beberapa akun twitter secara sekaligus hanya menggunakan satu dashboard.
  • Ombaq: konsep ombaq hampir sama seperti hootsuite, tetapi, ombaq merupakan aplikasi keluaran anak bangsa. Melalu ombaq, pengguna dapat tersambung dengan beberapa media sosial sekaligus, menjadwalkan konten mereka, menganalisa konten, berkerja mengatur media sosial bersama tim, dan melihat seberapa banyak konten kamu dibicarakan orang.

Media-media sosial di atas memiliki kegunaan yang berbeda-beda, sesuai dengan konsep yang diusung masing-masing sosial media. Saat kalian hendak menggunakan suatu media sosial, akan baik sekali jika mempertimbangkan kegunaan mereka, seperti yang telah dijabarkan di atas. Jangan lupa untuk berbijak-bijak dalam bermedia sosial dan jangan sampai menyebarkan berita hoax, ya.

VIDEO PILIHAN