Mohon tunggu...
Wahyu Widyaningrum
Wahyu Widyaningrum Mohon Tunggu... Pecinta seni dan kabut yang suka nulis dan jalan-jalan

Penyuka kabut yang suka nulis dan jalan-jalan.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Resep Mudah Membuat Wedang Tape Ketan

25 April 2021   11:53 Diperbarui: 25 April 2021   16:05 126 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resep Mudah Membuat Wedang Tape Ketan
Wedang tape ketan (Foto: Dok. Pribadi)

Menjelang minggu kedua di bulan Ramadan, terkadang para ibu mulai kebingungan memikirkan menu yang tepat untuk buka puasa. Hal itu bisa disiasati dengan mencari pada situs pencarian dengan kata kunci menu  Ramadan. Akan muncul banyak menu istimewa yang bisa langsung dipraktikkan dan sesuai dengan dana di kantong. Menu yang tersaji nantinya akan berbeda dan tidak membuat bosan anggota keluarga untuk menyantapnya.


Bisa juga membuat menu dengan menyesuaikan bahan yang sudah tersedia di rumah. Agar lebih irit dan tidak ada bahan yang terbuang percuma. Walaupun kadang jika kita tidak pandai mencampurnya, tetap saja akan ada bahan yang terbuang percuma.


Beberapa hari yang lalu, ada beras ketan di lemari dapur. Karena sudah terlalu lama, harus segera diolah menjadi sesuatu yang berguna supaya tidak mubazir. Pilihan mengubahnya menjadi tape ketan tentu cocok untuk jadi menu di bulan Ramadan. Terutama tape ketan bisa digunakan sebagai campuran es buah ataupun es teler.


Ternyata selain itu, tape ketan juga cocok untuk dibuat wedang tape ketan. Apalagi hidup di desa dengan hawa dingin, pilihan menu ini tentunya bisa menghangatkan badan. Selain itu, cara membuatnya mudah dan cepat dengan bahan yang telah tersedia.


Meski penggemar tape ketan tidak sebanyak fan gorengan, namun ternyata di dalamnya ada banyak kandungan gizi yang dapat memberi manfaat untuk tubuh. Seperti asam laktat, zat besi dan serat. Selain itu tape ketan membuat tubuh makin sehat juga, misalnya:

1. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh.
2. Mencegah terbentuknya sel-sel pencegah kanker.
3. Menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.
4. Bisa menjaga kesehatan kulit.
5. Mampu mengobati penyakit ambeien.

Mengetahui banyak manfaat dari tape ketan tentu menambah semangat dalam membuat wedangnya. Usai salah tarawih, biasanya perut masih ingin mengemil atau menyantap makanan dan minuman yang ringan saja. Wedang tape ketan bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut resep membuat satu gelas wedang tape ketan.

Bahan:
3 sdm tape ketan hijau.
1 sdt gula pasir.
1 gelas air panas.

Cara membuatnya:
1. Taruh gula pasir dalam gelas, tambahkan setengah air panas. Aduk hingga merata.
2. Tambahkan tape ketan dan air panas secukupnya.
3. Wedang tape ketan siap disantap.

Dapat juga ditambahkan dengan puding, jika ada. Rasanya akan semakin mantap karena perpaduan yang pas. Wedang tape ketan ini sangat tepat untuk dinikmati di daerah dingin seperti desa untuk menghangatkan tubuh. Selamat mencoba!

(Ed. Rizky Amalia Eshi)

VIDEO PILIHAN