Mohon tunggu...
Wahyu Widiarto
Wahyu Widiarto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Membuat Konten Digital Marketing Kepada Pelajar SMK Reformasi Jakarta Barat

23 Januari 2022   19:20 Diperbarui: 4 Februari 2022   21:22 193 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Foto Pribadi Pada Saat Pelaksanaan Kegiatan

Media sosial adalah sebagai sebuah media online dimana para penggunanya dapat dengan saling berpartisipasi. Berpartisipasi dalam arti pengguna dapat saling berinteraksi dengan mudah dalam berbagi informasi, menciptakan gambar dalam bentuk konten atau isi yang informasi yang akan disampaikan kepada orang lain, memberikan balasan komentar pada masukan yang disampaikan pengguna lain serta komunikasi lainnya yang ada dalam fasilitas media sosial. Banyaknya pengguna media sosial tentunya membuka peluang bagi pelaku usaha dalam memasarkan produk. Peluang memasarkan melalui media sosial dapat dilakukan dengan membuat konten atau memasang hasil produk dalam media sosial. Penggunaan media sosial sebagai salah satu media pemasaran harus menjadi salah satu penggunanya. Sesama pengguna dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, berbagi informasi dan kegiatan lainnya.

Saat ini kebutuhan akan visual konten yang di share ke sosial media, website, blog sangat penting untuk menunjang kegiatan bisnis. Visual konten yang baik tentu akan menarik bagi audiens. Tapi untuk membuat visual konten bukanlah hal yang bisa dikerjakan sembarangan orang. Perlu menggunakan software untuk membuat desain grafis dan dapat mengeluarkan biaya untuk menggunakan software tersebut. Belum lagi tidak mudah untuk mempelajari software tersebut terutama untuk pemula. Ada alternatif lain aplikasi desain gratis dan mudah digunakan untuk semua orang yaitu Canva.

Canva adalah platform desain grafis berbasis online yang mudah digunakan untuk pemula sekalipun dan tersedia untuk desktop maupun mobile. Sehingga pengguna bisa berkreasi membuat visual konten dimanapun dan kapanpun asal memiliki jaringan internet. Aplikasi ini sebenarnya memiliki dua versi yaitu berbayar dan gratis. Namun canva sudah dapat digunakan dengan berbagai fitur yang cukup lengkap tanpa harus membelinya.

Ilustrasi Foto Pribadi Pada Saat Penyampaian Materi
Ilustrasi Foto Pribadi Pada Saat Penyampaian Materi

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Januari 2022 secara online melalui  aplikasi Google Meet dan dihadiri oleh 30 siswa dan siswi SMK Reformasi yang berperan sebagai peserta dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan tema: Pemanfaatan aplikasi canva dalam membuat konten digital marketing kepada pelajar SMK Reformasi. di narasumber langsung oleh Wahyu Widiarto, M.Fachrurroji dan Dimas Apriliando ini dimulai dari pukul 10.00 hingga 12.00 WIB dengan pengenalan apa itu aplikasi canva, bagaimana sejarah aplikasi canva, apa saja fitur dan kelebihannya, setelah itu dilanjutkan dengan mempraktekkan bagaimana memanfaatkan fitur pada aplikasi canva dengan membuat desain grafis secara kreatif untuk mengiklankan suatu produk yang akan dipromosikan ke dalam media sosial agar dapat menarik minat pangsa pasar secara luas.

Ilustrasi Foto Pribadi Pada Saat Melakukan Demonstrasi
Ilustrasi Foto Pribadi Pada Saat Melakukan Demonstrasi

Melalui kuesioner yang terdiri dari Pre Test, Post Test dan Evaluasi Kegiatan yang sudah diisi oleh siswa dan siswi SMK Reformasi Jakarta, hasil Post Test menunjukan adanya peningkatan dari hasil Pre Test, hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan setelah mengikuti pengabdian masyarakat ini. Kemudian hasil Evaluasi Kegiatan beberapa siswa menjawab bahwa mereka sudah mengtahui aplikasi canva namun belum dapat memaksimalkan kreatifitas yang dimiliki dalam membuat desain di aplikasi canva.

Kegiatan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan walaupun memiliki beberapa kekurangan seperti putusnya koneksi jaringan internet pemateri saat penyampaian materi serta pada saat melakukan praktek. 

Setelah para peserta mengikuti kegiatan mereka sangat antusias dan termotivasi dalam membuat konten promosi secara digital, mengingat masa pandemi yang saat ini sedang terjadi dapat menjadi peluang usaha yang baik bagi para siswa dan siswi sebagai pelaku usaha pemula.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan