Mohon tunggu...
Wahyu PrioBudi
Wahyu PrioBudi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Menulis | KBBI: 1. v membuat huruf (angka, dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur, dan sebagainya). 2. v melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mandalika, Bukti Bahwa Pariwisata Indonesia Siap Mendunia?

17 November 2021   19:00 Diperbarui: 17 November 2021   19:10 250 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pulau Mandalika. Sumber foto: Pesona Indonesia.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah meresmikan Sirkuit Mandalika pada Jumat, 12 November 2021. Sirkuit bernama lengkap Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit ini berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Asia Talent Cup dan World Superbike menjadi ajang balap motor pertama yang akan menjajal Sirkuit Mandalika. Jika tidak mengalami perubahan, rencananya sirkuit ini juga akan menggelar ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, pada 18-20 Maret 2022 mendatang, setelah race dari Losail Circuit, Qatar.

Hal itu tentu menjadi terobosan baru bagi Indonesia, karena akan menggelar ajang balap motor bertaraf internasional setelah 24 tahun vakum. Terakhir kali yaitu pada ajang Grand Prix tahun 1997 di Sirkuit Sentul.

Pemerintah memang tengah menggenjot pembangunan di Mandalika, terutama pariwisata. Hal tersebut didapat setelah Mandalika ditetapkan sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas, DSP Mandalika. Artinya, Mandalika disiapkan untuk menjadi destinasi wisata tingkat dunia.

Mandalika yang terletak di Pulau Lombok dan secara geografis bertetangga dengan Pulau Bali akan menarik minat wisatawan. Terlebih, letak Pulau Lombok bersama dengan Pulau Sumbawa di NTB juga dikelilingi oleh 280 pulau-pulau kecil. Hal itu akan menjadi nilai tersendiri bagi wisatawan dan semakin mengangkat maksud di Indonesia Aja.

Pulau Lombok bisa menjadi pilihan destinasi wisata baik oleh warga lokal maupun mancanegara. Selain sebagai wisata olahraga, Pulau Lombok juga menawarkan wisata alam yang tidak kalah memukau dibandingkan dengan pulau lain.

Keindahan bawah laut, deretan pantai yang eksotis, beragam kuliner khas nusantara, hingga bukit dan gunung yang menjulang semua lengkap disini, Wonderful Indonesia. Panorama yang disuguhkan tidak bisa dipandang sebelah mata, sebut saja Pantai Kuta Mandalika, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Gunung Rinjani, Air Terjung Sendang Gile, Kepulauan Gili, dan masih banyak lagi.

Belum lagi dengan keramahan masyarakat lombok yang didominasi Suku Sasak, akan semakin membuat wisatawan betah. Keberadaan Suku Sasak yang terkenal dengan hasil karya seni rupa, khususnya kain tenun akan membuat wisatawan merindukannya, dan akan menjadi salah satu pengalaman liburan yang tidak terlupakan.

Selain itu, sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Mandalika akan banyak menerima fasilitas dan insentif dari pemerintah, proses investasi dan aktivitas ekonomi di wilayah ini akan mendapat kemudahan. Seperti pengembangan akses transportasi mulai dari, pelabuhan, jalan, hingga bandar udara.

Hal tersebut selain mengangkat wajah Indonesia di mata dunia internasional juga dimaksudkan untuk meningkatkan ekonomi di wilayah Mandalika-Lombok. Nantinya, bukan hanya para investor yang akan mendapat keuntungan. Secara tidak langsung masyarakat setempat juga akan memperoleh pengaruhnya, mulai dari lapangan pekerjaan baru sampai peluang untuk membuka usaha.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan