Mohon tunggu...
Wahyu Nur Saputra
Wahyu Nur Saputra Mohon Tunggu... Guru - SMK Telkom Bandung

#Sarjana Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom d.h. Institut Teknologi Telkom #Magister Teknik Elektro, Universitas Telkom #Guru Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi (TJAT), SMK Telkom Bandung #Asesor Kompetensi Jointer, LSP TPCC #Wakil Kepala Bidang Hubungan Industri dan Komunikasi, SMK Telkom Bandung

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

PPDB Semakin Efektif dengan Penerapan Hypnowriting di Bahasa Marketing dan Analisis Data Driven SMK Telkom Bandung

9 September 2021   12:04 Diperbarui: 12 September 2021   11:31 456
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bandung (7/9/21). Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah menjadi agenda tahunan setiap lembaga pendidikan di Indonesia, tidak terkecuali SMK Telkom Bandung. Mengusung slogan, Sekolahnya Sang Juara, sekolah yang berlokasi di Jalan Radio Palasari, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung ini memiliki istilah berbeda dalam penyebutan PPDB, yakni PRIMASERU. Ya, PRIMASERU, yang sejatinya merupakan akronim dari Penerimaan Peserta Didik Baru.

Mengawali Primaseru 2022/ 2023, SMK Telkom Bandung bekerja sama dengan Universitas Telkom, melakukan webinar yang disajikan oleh beberapa dosen Universitas Telkom dengan tema besar digital marketing. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mendukung implementasi digital marketing terkait dengan Primaseru SMK Telkom Bandung yang lebih efektif di masa pandemi seperti saat ini.

Pada pendampingan (4/9/21) kali ini, disampaikan topik mengenai hypnowriting konten media sosial dan analisis data driven SMK Telkom Bandung. Bapak Entik Insanudin sebagai dosen yang fokus di tema data driven, memaparkan kepada SMK Telkom Bandung, menyampaikan bahwa, "Penelusuran kebiasaan dari karaktersitik anak usia remaja yang menjadi target market merupakan hal yang penting dilakukan." Aktifitas yang menjadi fokus data driven berkenaan dengan tingkat keseringan anak usia remaja berinteraksi dengan instagram, twitter, dan atau facebook. 

Selain itu juga mengamati kegemaran anak usia remaja yang dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam membuat konten digital marketing. "Raih dengan hati dan kegemarannya untuk mendapatkan hati para remaja yang beranjak dewasa," papar Pak Entik.

Pendampingan yang dihadiri oleh civitas SMK Telkom Bandung, tidak berkurang pesonanya dengan paparan selanjutnya yang disampaikan oleh Ibu Sylvie Nurfebiaraning dan Ibu Martha Tri Lestari terkait dengan "Penerapan Hypnowriting untuk Membuat Konten dan Caption Menjadi Menarik". 

Hypnowriting menjadi salah satu strategi dalam membuat bahasa marketing pada media sosial yang mana diharapkan tulisan tersebut dapat "menghipnotis" publik yang membacanya. Ibu Sylvie, dalam materi Konten sebagai Media Branding mengatakan bahwa, "Hypnowriting yang diterapkan dalam sebuah konten untuk sebuah branding tidak terlepas dari elemen- elemen yang sudah direncanakan oleh perusahaan sejak awal."

Selain itu, dalam membuat konten marketing, objective message, target audience, positioning, dan creative strategy merupakan integrasi yang tidak dapat dipisahkan agar tujuan marketing SMK Telkom Bandung semakin tercapai secara maksimal.

Setelah Bu Sylvie pemaparan lanjutan oleh Ibu Martha mengenai Membangun Relationship Melalui Konten, dikatakan bahwa, "Pemantauan feedback dari publik terhadap konten yang dishare oleh institusi kita itu sangatlah penting, bahkan memberikan feedback langsung pun menjadi hal yang tak kalah pentingnya, karena hal tersebut menjadi salah satu strategi awal dalam membangun relationship dengan publik". 

Hal yang perlu diperhatikan agar konten yang kita buat dapat membangun realtionship diantaranya, kita perlu melihat  audiovisualnya, captionnya, dan feedback dari publik terhadap konten kita. Ibu Martha menyampaikan sarannya agar SMK Telkom Bandung senantiasa bisa menghadirkan fast response terhadap feedback dari publik, karena hal itu menjadi sesuatu yang penting untuk membangun customer engagement.

Semua paparan yang telah disampaikan oleh Pak Entik, Bu Sylvie, dan Bu Martha, semakin menambah wawasan dan pengetahuan civitas SMK Telkom Bandung. Semoga dengan adanya persiapan PRIMASERU yang berbentuk pendampingan dari para dosen Telkom University ini, semakin meningkatkan pelayanan dan hasil PRIMASERU SMK Telkom Bandung T.A. 2022/ 2023. SMK Telkom Bandung, Sekolahnya Sang Juara. [MTL][WNS]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun