Mohon tunggu...
Wahyuni Aristiaaa
Wahyuni Aristiaaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

My Success Is Only by Allah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

James S. Coleman: Teori Tindakan Rasional

29 September 2022   08:54 Diperbarui: 29 September 2022   08:58 208 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berasal dari latar belakang keluarga petani cukup memberikan saya wawasan yang memadai tentang pertanian, tentang cara bercocok tanam, tentang cara mengolah, dan lain sebagainya. Petani kopi dirasa menjadi pilihan yang tepat untuk daerah dataran tinggi. Tanaman kopi termasuk jenis tanaman musiman, biasanya dalam satu tahun terdapat sekali musim. Lantas bagaimana para petani musiman mempertahankan kehidupannya dimasa paceklik menjadi big questions bagi orang-orang awam. Pada kali ini penulis akan berusaha memetakan kehidupan petani musiman menggunakan analisis teori tindakan rasional James S. Coleman.

Life is a choice, begitulah kiranya  kalimat yang tepat untuk merefleksikan kebebasan dalam memilih suatu tindakan. Tindakan sendiri merupakan perbuatan atau perilaku manusia sebagai perwujudan dari suatu pengamatan guna untuk mencapai tujuan tertentu (Notoadmojo,2014). Suatu tindakan dikatakan  rasional adalah ketika tindakan tersebut telah melalui berbagai pertimbangan dan harus sesuai dengan nalar alias logis.

Teori tindakan rasional akan membahas mengenai bagaimana sosiologi menjelaskan pilihan manusia (pilihan rasional). Coleman menyebut teori tindakan rasional ini dengan paradigma tindakan rasional. Berdasarkan hasil bacaan saya dalam buku Dasar-dasar Teori Sosial "Foundations of Social Theory" bahwasannya teori ini menjelaskan fenomena level makro melalui level mikro dalam artian sosiologi harus berfokus pada sistem-sistem sosial, akan tetapi realitas sistem sebagai fenomena makro harus dijelaskan dari faktor internal individu (mikro). Dalam teori tindakan rasional terdapat dua unsur penting yakni aktor dan sumber daya. " Aktor adalah individu yang memegang peran penting dalam terealisasinya suatu tindakan.  Sedangkan sumber daya adalah segala sesuatu yang memiliki potensi untuk  dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan. Sumber daya dapat berupa sumber daya alam dan sumber daya manusia" (Dalam buku Foundations of Social Theory). Poin penting yang saya dapat dalam buku ini bahwa tindakan individu berorientasi pada tujuan, tujuan akan didapat dengan mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki.

Dalam tulisan ini tentunya akan berkorelasi dengan ilmu ekonomi yang mana penulis mencoba mendeskripsikan kehidupan petani melalui analisis pendapatan yang berbanding terbalik dengan pengeluaran. Petani kopi dengan hasil tahunan atau musiman nyatanya mampu bertahan hidup dan melanjutkan kehidupannya. Dalam hal ini yang menjadi aktor adalah petani kopi. Usaha atau strategi  yang dilakukan oleh petani kopi untuk bertahan hidup dimasa peceklik menjadi suatu tindakan rasional atau rasional choice. Sebagai contoh Ayah saya adalah seorang petani kopi dengan penghasilan menengah kebawah, namun nyatanya ayah saya mampu memberikan fasilitas terbaik untuk saya dan adik-adik saya. Memang pada dasarnya pada masa paceklik merupakan masa dimana pendapatan sangatlah minim. Sehingga sebagai petani yang cerdas, ayah saya memanfaatkan skillnya dalam mencangkok atau stek hingga bisa mendapatkan penghasilan dalam skill tersebut. Kemudian, ayah saya juga memanfaatkan peluang dengan mengolah sawah sehingga tidak perlu memikirkan perihal beras. Saya rasa contoh diatas cukup relavan untuk menjelaskan teori tindakan rasional ini.

Teori tindakan rasional ini diperkenalkan oleh James Samuel Coleman yang merupakan seorang sosiolog Amerika yang terkenal sangat teoritis. Beliau lahir  pada 1926 di Bedford, Indiana, Amerika dan meninggal pada usia 69 tahun. Pada 1955 beliau mendapatkan gelar Ph.D dari universitas Columbia dan selang satu tahun beliau pun memulai karier akademisnya sebagai asisten profesor di Universitas Chicago. Menjadi penulis junior merupakan suatu keistemewaan bagi Coleman. "Coleman report" atau laporan pemerintah federal menjadi bukti bahwa coleman juga terjun dalam studi tentang pemuda dan pendidikan. Di karya-karya berikutnya Coleman lebih berfokus pada Sosiologi murni hingga terbitlah buku Foundations of Social Theory pada 1990. Sebuah mahakarya yang sangat diperlukan dalam memahami tentang tindakan-tindakan sosial terutama tindakan rasional. Adapun tokoh-tokoh yang mempengaruhi pemikiran dari Jams S Coleman antara lain Paul Lazarsfeld, robert Merton, Seymour Martin Lipset.

Referensi :

Coleman, J. (2009). Dasar-dasar teori sosial: Foundations of social theory. Bandung: Nusamedia.

http://digilib.uinsby.ac.id/12889/5/Bab-2.pdf diakses pada 29 September 2022-09-29

Ritzer, George - Douglas J. Goodman. 2012. Teori Sosiologi Modern. (Alimandan, Pentj.). Jakarta: Kencana Prenada Group.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan