Mohon tunggu...
Wahyu Hidayat
Wahyu Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (20107030059)

Hanya ada dua pilihan, menulis atau ditulis oleh sejarah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bedah Kekuatan Grup F: Misi Balas Dendam Ronaldo Pada Kante?

14 Juni 2021   00:25 Diperbarui: 14 Juni 2021   00:27 113 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bedah Kekuatan Grup F: Misi Balas Dendam Ronaldo Pada Kante?
(Sumber: Shutterstock.com)

Persaingan ketat akan tersaji di babak penyisihan grup piala Euro 2020, terutama dalam grup F yang menjadi grup "Neraka". Grup F Diisi oleh tiga tim yang sama-sama pernah menjuarai Piala Eropa sekaligus menjadi salah satu negara yang punya catatan apik setidaknya dalam satu dekade terakhir.

Ada Jerman dengan status juara Piala Dunia 2014, kemudian disusul Perancis dengan status juara bertahan Piala Dunia 2018 dan Portugal yang sukses menyabet gelar Euro 2016 dan UEFA Nation League. 

Sedangkan satu tim lainnya yaitu Hungaria dapat menjadi tim kambing hitam dengan semangat enggan hanya dianggap sebagai tim pelengkap.

Bedah Kekuatan Tim Grup F

Melihat dari peta kekuatan tim di grup F, rasanya hampir semua tim di grup F memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Dimulai dari Hungaria yang banyak diremehkan karena dianggap hanya sebagai tim penghibur, yang ternyata masih menyandang status "unbeaten" sepanjang tahun 2021. 

Catatan buruk terakhir dari Hungaria adalah kalah dari Rusia dengan skor tipis 3-2 pada Oktober 2020, sedangkan laga terakhir dari skuad Magical Magyars adalah bermain imbang sama kuat dengan Irlandia dengan skor 0-0. Dengan memiliki gelandang muda andalan RB Salzburg, Dominik Szoboszlai, Hungaria dipastikan akan memberikan perlawanan yang sulit untuk 3 tim raksasa yang diunggulkan.

Kemudian dilanjutkan dengan skuad Der Panzer yang telah melakukan regenerasi dengan diisi oleh perpaduan antara pemain-pemain muda dan pemain alumni Piala Dunia 2014. 

Skuad Jerman diisi oleh pemain muda seperti Havertz, Werner, Maokoko, Wirtz kemudian juga diisi pemain berpengalaman seperti Neuer dan Muller. Meski masih memiliki catatan inkonsisten dalam beberapa pertandingan terakhirnya, Jerman yang berstatus tim dengan raihan trofi Piala Eropa terbanyak masih menjadi salah satu yang difavoritkan untuk lolos di grup ini.

Begitu juga dengan dua tim selanjutnya yang menjadi favorit penulis untuk lolos di grup F. Yaitu dimulai dari tim asuhan Didier Deschamps yang sejak menjuarai Piala Dunia 2018 masih layak disebut sebagai salah satu tim terkuat dunia dengan komposisi skuad mereka yang merata di semua lini. Posisi penjaga gawang yang diisi oleh Hugo Lloris, pertahanan yang akan dijaga oleh Kimpembe dan Varane, lini tengah yang akan menjadi duet Kante dan Pogba, kemudian lini serang yang tak habis oleh pemain hebat seperti Griezmann, Mbappe, Giroud dan Benzema.

Tak lepas juga dari catatan mentereng saat Prancis memainkan Kante dan Pogba secara bersamaan. Berdasarkan catatan di situs resmi UEFA, keduanya belum pernah menelan kekalahan apabila bermain bersama di lapangan dengan hasil 21 kemenangan dan 6 imbang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN