Mohon tunggu...
Wahyu ferdinan
Wahyu ferdinan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Perkenalkan nama saya wahyu ferdinan dan biasanya dipanggil fedi. saya lahir Lumajang pada 02 Februari 2003 dan saya merupakan anak pertama dari dua bersudara. Harapan saya semoga karya-karya saya ini bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri dan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Wahyu Ferdinan Bangga Menjadi Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam, UIN Khas Jember

30 September 2022   00:24 Diperbarui: 30 September 2022   00:47 226 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa - Pemuda yang satu ini biasanya akrab dipanggil Ferdi, usianya masi 19 tahun. Beliau anak pertama dari ayah bernama Achmad Ali yang kesehariannya bekerja sebagai pedagang lembu dan petani, sedangkan bunda nya bernama Uliati Ningsih yang berprofesi sebagai guru RA. Mereka merupakan keluarga sederhana yang hidup harmoni.

Wahyu Ferdinan lahir di Lumajang pada tanggal 3 Februari 2003, ia merupakan lulusan MA Miftahul Ulum tepatnya di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Banyuputih Kidul, Jatiroto, Lumajang. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Kiai Ahmad Siddiq Jember yang biasanya di kenal dengan UIN Khas Jember. 

Jurusannya di UIN Khas Jember ialah Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah. Dari pilihan itu sendiri juga memiliki cerita yang mungkin sudah pilihan terbaik dari Tuhan yang diberikan kepadanya, karena prodi ini merupakan pilihan  ke-dua nya sesudah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

"Sebenarnya saya daftar di UIN Khas Jember ini ada 3 pilihan Prodi.  Pertama Pendidikan Agama Islam (PAI), kedua Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan ketiga Ekonomi Syariah (Eksyar)"Ujarnya.

tetapi ia sendiri yakin dengan pilihan yang diberikan oleh Allah ini merupahan jalan yang terbaik baginya, karena rencana Allah lebih baik dari pada rencana manusia. Ingat Allah bukan memberi apa yang kita mau, tapi memberi apa yang kita butuhkan.

Ferdi sendiri di Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) merasa cocok dan merasa nyaman dalam dunia perkuliahan, karena hakekatnya pekerjaan apapun itu kalau kita tidak cocok dalam menjalaninya juga akan tidak nyaman. Begitu juga dalam perkuliahan, jika kita tidak cocok dengan jurusan yang kita jalanin pada saat ini maka kita belajarnya juga tidak akan nyaman.

Prodi PMI ini merupakan prodi yang berfokus pada aspek sosial masyarakat, dimana mahasiswanya menjadi seorang pemberdaya bagi masyarakat itu sendiri. Pemberdayaan masyakat adalah tugas utama bagi mahasiswa di prodi ini, memjadikan mahasiswanya bisa mampu menjadikan masyarakat itu sendiri mandiri dan bisa berpotensi, baik itu dibidang ekonomi, keilmuan, dan bersosial.

Menurut Ferdi Prodi ini sangat relefan baginya. Karena ia sendiri suka dalam bersosial, karna pada intinya kodrat manusia itu sendiri adalah mahluk sosial yang selalu dan akan membutuhkan orang lain.

Prospek dari lulusan prodi PMI ini sendiri sangat banyak, diantarnya :

1. Menjadi pendamping program sosial,perencanaan, penggerak, dan advokasi sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan