Mohon tunggu...
Wahyu_Universitas Siber Asia
Wahyu_Universitas Siber Asia Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa Universitas Siber Asia

Jakarta, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Digital

Peluang dan Ancaman CRM (Customer Relationship Management)

28 November 2021   04:14 Diperbarui: 28 November 2021   06:21 186 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Customer Relationship Management (CRM) adalah sistem yang penting bagi perkembangan bisnis saat ini.  Sistem ini dapat merampingkan proses pada bisnis sehingga dapat meningkatkan produktifitas guna memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan adanya hal ini, maka CRM juga dapat menjadi alat untuk menguatkan hubungan antara produsen dengan konsumen. Oleh karena itu, CRM kini menjadi salah satu strategi bisnis inti untuk mengelola dan mengoptimalkan semua interaksi pelanggan di seluruh organisasi, baik secara tatap muka maupun secara virtual.

Lalu, apa saja peluang yang diciptakan oleh Customer Relationship Management (CRM)?

Adakah risiko atau ancaman yang tercipta dengan adanya Customer Relationship Management?

Tanpa berpanjang lebar lagi, mari kita bahas Peluang dan ancaman CRM (Customer Relationship Management)

  • Manfaat dan Peluang Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management (CRM) memudahkan para produsen untuk melihat gambaran yang jelas tentang pelanggan hanya dengan melihat melalui satu dasbor saja. CRM juga mampu menciptakan struktur perusahaan yang nantinya akan mendorong naik tingkat produktifitas, efisiensi serta profitabilitas. 

Kemudian, adanya kepuasan pelanggan dapat menyebabkan pelanggan tidak hanya menggunakan kita sebagai pemasok, akan tetapi juga mempromosikan hasil kerja kita kepada calon pelanggan lain. Hal ini membuat produsen memiliki peluang untuk mendapatkan proyek baru.

Kemudian, manfaat CRM yang lainnya secara umum diantaranya sebagai berikut:

1. Perusahaan perlu menemukan cara untuk memenuhi kebutuhan pelanggan agar pelanggan tidak berpindah hati kepada kompetitor.

2. Baik pengecer, grosir, distributor, produsen dan penyedia logistik perlu memenuhi dan bahkan melampaui ekspektasi konsumen.

3.  Dengan adanya CRM, produk yang berjalan disepanjang rantai pasokan ke pengguna akhir akan memenuhi kebutuhan para konsumen. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hubungan kedekatan dan rasa saling percaya antara produsen dan konsumen.

4. Suatu perusahaan perlu menemukan pemasok yang baik. Sama halnya dengan perusahaan tersebut yang harus menjadi pemasok yang baik bagi konsumennya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan