Mohon tunggu...
Wahyudin Tamrin
Wahyudin Tamrin Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Makassar

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Saat Menyandang Status Mahasiswa Otomotif Terasa Berat

5 Februari 2019   16:07 Diperbarui: 5 Februari 2019   16:26 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dua orang gadis terlihat kebingungan. Di depannya ada sebuah sepeda motor Beat warna biru yang tidak bisa hidup. Seorang laki-laki terus mencoba menghidupkan dengan menginjak starter kaki yang berada di sebelah kiri.

Tapi, sepeda motor itu tak kunjung bunyi. Saat saya tiba, ternyata salah seorang gadis itu mengenal saya. Namanya Nurhatina.

Dia merupakan pengurus lembaga kemahasiswaan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar sama seperti saya. Hanya kami beda jurusan. Dia mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, dan saya Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif.

Nurhatina memanggil saya dan meminta tolong memperbaiki motornya. Apalagi dia mengetahui kalau saya berasal dari Jurusan Otomotif yang memang mempelajari tentang kendaraan. Apalagi saya sudah menuju semester akhir. Tentunya teori ataupun praktik sudah dipelajari semua.

Saya kemudian mencoba menghidupkan. Berdasarkan pengalaman, jika sepeda motor tidak mau hidup apalagi dalam jangka waktu yang lama tidak dihidupkan, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan starter kosong dengan cara kunci kontak dimatikan.

Setelah men-starter kosong, saya kemudian memutar kunci kontak menjadi "on" dan men-starter terus menerus. Tapi mesinnya tak kunjung hidup.

Saya juga mulai kebingungan. Kedua gadis tersebut kemudian bertanya, "Apanya itu yang rusak? Kenapa tidak mau bunyi?" tanyanya.

Dengan status mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif, apalagi semester akhir, tentunya saya harus menjawabnya dengan dengan baik. "Kayaknya businya yang bermasalah. Tapi tidak ada kunci-kunci untuk memperbaikinya," jawabku.

Itu merupakan jawaban yang paling sering saya ucapkan jika mendapatkan masalah seperti itu. Meskipun saya belum mengetahui dengan jelas masalahnya.

Masalah seperti ini tentunya menjadi tantangan bagi mahasiswa Jurusan Otomotif. Apalagi yang saat ini, yang namanya kendaraan ada di mana-mana dan hampir semua orang sudah memiliki.

Lain halnya saat saya pergi melaksanakan Pelatihan Keterampilan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PKJTLN) di Padang Sumatera Barat pada tahun 2017 lalu. Yah, saya mahasiswa Jurusan Otomotif tapi pelatihannya tentang Jurnalistik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun