Mohon tunggu...
Agus Wahyudi
Agus Wahyudi Mohon Tunggu... Akuntan - Guru SD, mencoba belajar menulis dan mendongeng

Guru SD, sekarang tinggal di Lampung.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Ingin ke Malaysia Saat Pandemi? Ini yang Perlu Disiapkan

2 Juli 2021   14:00 Diperbarui: 2 Juli 2021   16:03 319 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin ke Malaysia Saat Pandemi? Ini yang Perlu Disiapkan
Dokumentasi pribadi

Memasuki Malaysia di masa pandemi memang dibolehkan bagi warga asing. Jika merencanakan untuk bepergian ke Malaysia selama masa pandemi, pantau dan pahami regulasi yang berlaku di negara tersebut, karena bisa jadi regulasi saat saya berangkat berbeda dengan waktu anda ke Malaysia. 

Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya mengunjungi Malaysia pada awal Juli 2021, saat Malaysia memberlakukan aturan lockdown dan pengetatan terhadap kedatangan warga asing.

Berikut beberapa hal yang kamu butuhkan untuk pergi ke Malaysia di masa pandemi.

Dokumen

- Paspor

Approval Letter atau surat izin memasuki negara Malaysia yang dikeluarkan oleh Imigrasi Malaysia. Anda harus mengajukan permohonan ke Kedutaan Besar Malaysia untuk mendapatkan surat ini. Tidak semua pemohon diluluskan dan mendapatkan Entry Approval Letter ini

- Hasil tes SWAB PCR

Hanya yang memiliki dokumen hasil test PCR dengan hasil negatif yang diterima masuk negara Malaysia. Waktu pengambilan sampel juga maksimal 72 jam dari waktu tiba di negara Malaysia.

Uang

Anda membutuhkan uang yang cukup besar untuk memasuki negara Malaysia pada saat pandemi seperti saat ini. Malaysia memberlakukan 14 hari karantina di hotel yang ditunjuk bagi warga asing. Biaya penginapan dibebankan kepada pengunjung. Bayangkan, 14 hari menginap di hotel untuk karantina. Pengalaman saya, biaya hotel yang dikenakan sebesar RM 3700 atau sekitar 12 juta rupiah. Itu belum termasuk biaya swab PCR di bandara sebesar RM 250. Untung saja seluruh biaya dipenuhi oleh kantor saya. Tidak hanya itu, di akhir masa karantina juga dilakukan tes PCR dengan biaya pribadi sebesar RM 250. Jika hasilnya negatif, bisa meninggalkan hotel, tetapi jika positif, karantina diperpanjang 14 hari lagi. Terbayang kan, waktu dan uang yang terkuras.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Saat tiba di Bandara KLIA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x