Perangkat Manajemen Perilaku Siswa
Sebagaimana disampaikan pada bagian 1, manajemen perilaku siswa mencakup peraturan yang berisi perilaku yang diharapkan muncul dan perilaku negatif yang tidak diharapkan muncul, sistem pencatatan, serta konsekuensi dan apresiasi yang disepakati oleh sekolah. Agar memudahkan guru dalam memberikan umpan-balik yang cepat dan tepat, sekolah perlu menyiapkan beberapa perangkat sebagai berikut:
- Peraturan Sekolah
- Pedoman pemberian konsekuensi dan apresiasi
- Lembar Konsekuensi
- Lembar Apresiasi
- Buku Catatan Perilaku Siswa
- Alur Pemberian Penghargaan atau  Perjanjian memperbaiki perilaku
Peraturan Sekolah
Peraturan sekolah harus menyampaikan dengan baik perilaku yang diharapkan muncul (Expected behavior) dan perilaku yang diharapkan tidak muncul (unexpected behavior). Kepala sekolah dan guru perlu membuat daftar perilaku beserta tingkatannya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh guru dan siswa. Contohnya adalah sebagai berikut:
Nantinya, skor tersebut akan dicatat dan menentukan penghargaan, atau konsekuensi yang diterima oleh siswa. Peraturan tersebut berlaku umum di seluruh kelas, walaupun guru dibebaskan untuk menentukan prosedur tertentu yang berlaku di kelasnya. Peraturan tersebut harus menggunakan kalimat positif.
Pedoman pemberian konsekuensi dan apresiasi
Setiap perilaku (baik negatif atau positif) perlu mendapatkan umpan balik segera agar bermakna bagi siswa. Pedoman pemberian konsekuensi dan apresiasi diberikan kepada seluruh guru dan staf agar guru memiliki pegangan apa konsekuensi atau apresiasi yang tepat dari perilaku yang muncul.Â
Walaupun begitu, pedoman tersebut tidaklah mutlak harus selalu dilakukan sama seperti yang tertulis. Hal ini karena perilaku yang muncul dari siswa memiliki latar belakang kejadian atau motivasi yang berbeda, sehingga pemberian konsekuensi atau apresiasi bisa berbeda satu dengan lainnya.
Lembar apresiasi diberikan kepada siswa yang melakukan tindakan yang dinilai positif. Lembar konsekuensi adalah sebaliknya. Setiap lembar terdiri dari dua rangkap, satu untuk diberikan kepada orangtua, dan satu untuk ditempelkan di Buku Catatan Perilaku Siswa.Â