Wahyu Bimo
Wahyu Bimo

mencoba berbagi semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Kapten Munip; Bakti dan Bangga untuk Negeri

16 Mei 2017   15:15 Diperbarui: 16 Mei 2017   16:02 69 0 0
Kapten Munip; Bakti dan Bangga untuk Negeri
Antarajatim

Hampir semua orang bekerja atas dasar gaji atau pendapatan yang diperoleh dengan kata lain semaki besar gaji yang didapat maka semakin ia tertarik dengan pekerjaan itu. Namun berbeda dengan bekerja atas dasar cinta, atas dasar bangga serta ingin berbakti pada Negara.

Kapten Munip adalah nahkoda kapal yang telah memiliki pengalaman puluhan kali mengemudikan kapal besar dari kapal niaga hingga kapal perang dengan berbagai buatan kapal negara berbeda-beda. Tanggal 2 Mei 2017 ini PT PAL yang merupakan BUMN yang bergerak di bidang industri galangan kapal mengekspor kapal SSV-2 ke Filipina. Dan kapten munip adalah orang yang menahkodai kapal tersebut.

Di sisi lain Kapten Munip telah ditawari untuk menahkodai berbagai kapal oleh pihak swasta yang tentunya dengan gaji yang lebih besar, namun beliau lebih memilih untuk mengantarkan kapal SSV-2 ini. Kapten Munip menuturkan bahwa ia bangga bisa membawa kapal perang buatan dalam negeri yang dikirim (diekspor) ke Filipina. Berikut ini profil singkat Kapten Munip,

Profil Kapten Munip

Nama: Mohammad Munip

TTL: Bangkalan, 13 Juli 1978

Alamat: Jalan Cempedak, Perumnas Kamal, Bangkalan, Jawa Timur

Sertifikat Kompetensi

1.ANT I (Class I) No 6200067222N10115 Jakarta

2.ENDORSEMENT No 6200067222NA0115 Jakarta

Sertifikat Profesi Pelayaran

Memiliki sebanyak 33 sertifikat profesi dari berbagai lembaga pelayaran dunia, di antaranya Basic Safety Training, SCRB, AFF, MFA, MC, Radar Simulator hingga Arpa Simulator dan Anchor Handling Tug Supply Training.

Catatan Pelayaran

Memiliki sebanyak 21 catatan pelayaran dengan menggunakan berbagai jenis kapal besar dan kecil, di antaranya MV.Surf Mitra DP-2, MV.Surf PanglimaDP-2, MV.Surf Mitra DP-2, MV.Bourbon Nilgan DP-2, MV.Crest Commander DP-2, MV.Zamil 23, MV Southern Pasifika hingga MV Alam Senang dan MV AlamMexico

Tawaran menjadi kapten kapal perang milik PT.PAL ini sudah sejak kapal SSV-2 ini melakukan uji coba. Kapten Munip menuturkan bahwa secara umum memegang kendali kapal perang dan kapal niaga tidaklah memiliki perbedaan yang signifikan walaupun memang kapal perang memiliki nilai tambah yang tidak ada di kapal niaga.

Kapten Munip; Bakti dan Bangga untuk Negeri
Kapten Munip; Bakti dan Bangga untuk Negeri

Kapal SSV-2

Kapal SSV-2 merupakan jenis kapal perang, kapal perang SSV-2 adalah produk dalam negeri yakni PT.PAL yang bermarkas di Surabaya. Kata Munip Kapal SSV-2 ini mampu disandingkang dengan kapal-kapal produksi negara sekelas KorSel, Belanda bahkan Jerman. Dalam uji coba keandalan kapal SSV-2 ini pernah dihajar ombak sampai oleng dan air sampai ke anjungan kapal namun bisa kembali ke posisi semula dan stabil dengan baik.

Kapten Munip; Bakti dan Bangga untuk Negeri
Kapten Munip; Bakti dan Bangga untuk Negeri

Kapal ini memiliki panjang 123 meter dan lebar 21 meter, kapal SSV-2 ini mampu menampung 621 penumpang serta mampu bertahan di perairan atau lautan selama 30 hari sedangkan maksimal bobot mampu menampung 7.200 Ton. Dari Sisi kecepatan Kapal SSV-2 memiliki kecepatan 16 knots dengan mesin pendorong 2 x 2,920 KW. Dari segi kapasitas kapal ini mamu menampung tank, kendaraan tempur, mobil rumah sakik, kapal patroli dan juga transporter.

Kapten Munip; Bakti dan Bangga untuk Negeri
Kapten Munip; Bakti dan Bangga untuk Negeri

Informasi by; 

https://tarunaeducation.com/