Mohon tunggu...
Kkn Pandanwangi 465
Kkn Pandanwangi 465 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Desa pandanwangi kab. Lumajang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keterlibatan Mahasiswa KKN 465 Universitas Jember dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional di Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang

19 Agustus 2022   20:53 Diperbarui: 19 Agustus 2022   20:57 60 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Pelaksanaan BIAN di Dusun Krajan 2 (dokpri)

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) merupakan salah satu upaya Kementrian Kesehatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kesejangan imunitas kesehatan di masyarakat yang ditimbulkan dari adanya pandemi Covid-19. Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dilakukan secara bertahap di seluruh provinsi di Indonesia, salah satunya di Desa Pandanwangi. Dimana di Desa Pandanwangi mengadakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di setiap dusunnya mulai dari Dusun Krajan 1, Krajan 2, Krajan 3, Timur Sawah, Tunjungan, dan Pemukiman. Mahasiswa KKN Universitas Jember yang ditempatkan di Desa Pandanwangi ikut serta membantu pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dilakukan mulai tanggal 8 Agustus-12 Agustus 2022 dan tanggal 15 Agustus 2022.

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Desa Pandanwangi bertujuan untuk memberikan perlindungan dari berbagai penyakit bagi anak-anak, serta dilakukannya Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) membantu kader-kader posyandu dan mahasiswa KKN dalam mengetahui jumlah anak-anak yang sehat sampai anak-anak yang memiliki ciri-ciri stunting. Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dilaksanakan dengan beberapa prosedur yang telah ditentukan dan disesuaikan dengan kondisi di setiap posyandu.

Prosedur dalam melakukan dan menghadiri Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yaitu setiap ibu dan anak akan diarahkan untuk mendaftar sesuai dengan urutan kedatangan, setelah itu anak-anak akan dilakukan pengukuran seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan suhu badan. Setelah dilakukannya pengukuran, maka anak-anak akan diberikan vitamin dan imunisasi oleh petugas posyandu. Berdasarkan data yang didapatkan terdapat sejumlah anak yang tergolong stunting sebesar 5,89% dari total 390 anak di dusun yang ada di Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang.

Gambar 2. Keterlibatan Mahasiswa KKN UNEJ dalam Pelaksanaan BIAN di Desa Pandanwangi  (dokpri)
Gambar 2. Keterlibatan Mahasiswa KKN UNEJ dalam Pelaksanaan BIAN di Desa Pandanwangi  (dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan