Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Resep Bola-bola Klepon Siram Saus Santan Gula Merah, Kudapan Lezat untuk Keluarga

20 Januari 2022   14:47 Diperbarui: 20 Januari 2022   19:03 926 44 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bola-bola Klepon Siram Saus Santan Gula Merah, kudapan lezat untuk keluarga. | Foto: Wahyu Sapta.

Berbahagialah kita sebagai bangsa Indonesia, yang memiliki warisan kuliner berupa aneka ragam kudapan, yaitu makanan selingan yang biasa dihidangkan oleh ibu-ibu di masa lalu. Kudapan sangat bervariasi, baik berupa kue basah ataupun jajanan pasar. 

Biasanya, kue basah dan jajanan pasar pada masa lalu memiliki perlambang berupa kiasan tentang harapan yang baik. 

Misalnya, Kue Klepon yang merupakan perlambang kesembuhan dari penyakit. Dengan meletusnya kue ini saat disantap, yang berarti pecahnya penyakit, terutama bisulan. Setelah pecah, maka akan segera sembuh dan harapan sehat kembali ada di depan mata.

Bahan baku dari pembuatan kue-kue pada masa lampau, berasal dari bahan yang ada di lingkungan sekitar. Biasanya merupakan hasil bumi sendiri. Seperti beras, ketela, jagung, sagu, kelapa, gula merah, dan lain-lain. Tentunya bahan-bahan ini mudah didapat dan terjangkau harganya.

Seiring dengan waktu, banyak kreasi yang diciptakan oleh ahli memasak untuk membuat kudapan dengan berbagai macam kreasi dan bentuk. Tanpa meninggalkan bahan utamanya, mereka memasak dengan kreativitas yang dimiliki. Hanya menambahkan atau bisa jadi menggantikan bahan penyertanya. 

Tentu saja, hasilnya tidak mengurangi rasa. Bahkan bisa menambah kelezatannya, karena bahannya lebih bervariasi. Juga lebih kekinian, dengan bentuk-bentuk cantik dalam penyajiannya.

Variasi ini dimaksudkan untuk menambah daya tarik sajian, supaya tidak bosan saat menyantap makanan kuliner warisan. Generasi sekarang diharapkan akan lebih tertarik dan mengenal resep warisan tradisional, tidak melulu tertarik pada makanan kekinian dari luar negeri yang sedang viral.

Dengan sering kita memasak sajiannya, otomatis kuliner warisan akan terus bisa dijumpai hingga ke anak cucu kelak. Makanan ini akan terus tersaji dan dikenal hingga waktu yang tidak berbatas, dari masa ke masa, dan tidak punah.

Menyenangkan bukan, jika bisa menjaga warisan kuliner dengan memasak ulang, lalu menurunkan ilmu memasak ke generasi selanjutnya. Resep akan tetap bisa dijumpai secara turun-temurun dan terjaga kelestariannya.

Nah, kali ini saya ingin membuat klepon. Kudapan manis berbalur kelapa parut ini termasuk dalam jajaran kue basah warisan kuliner nenek moyang zaman dulu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan