Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Resep Sederhana Ikan Nila Kuah Santan Pedas Mantap

28 Desember 2021   07:06 Diperbarui: 29 Desember 2021   13:57 1561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ikan Nila Kuah Santan Pedas Mantap | Foto: Wahyu Sapta

Hari Minggu lalu anak bungsu saya memancing di pemancingan. Rupanya ia baru beruntung dengan mendapat lima ekor ikan nila yang besarnya lumayan. 

Sebenarnya ia masih ingin memancing, tetapi saya berpesan, lima saja dapatnya, saat sebelum ia mengayunkan pancingnya ke kolam. Dan dia menuruti apa kata ibunya. 

Bukan apa-apa sih, tetapi nanti kalau dapat ikan, bakalan ibunya yang mengeksekusi hasil pancingannya. Kalau kebanyakan bakalan klenger saya menyisik ikan dan membersihkan isi perutnya. 

Lagian kalau kebanyakan, berat diongkos, karena harga nanti sesuai berat ditimbang. Satu kilo ikan Rp 35.000. Kalau banyak kan lumayan. Juga bisa bosan, karena makan ikan terus tanpa variasi. 

Sebenarnya bisa sih saya simpan di lemari es, tapi kalau kelamaan tidak baik untuk kesegaran ikan saat dikonsumsi. Hahaha, ngeles, padahal maksudnya biar nggak banyak pengeluaran dari kantong belanja. 

"Bun, enaknya dimasak apa? Aku pengin yang berkuah santan. Tapi enggak kuning," katanya. 

Saya mikir pakai lama, lalu bilang padanya, "Masak santan putih aja, ya, Dik. Dibikin pedas. Pasti kamu suka. Kakak juga bakalan suka tuh. Apalagi Ayah," jawab saya.

Baiklah, kali ini nggak pakai lama, maka ikan nila segera saya masak. Tapi tidak semua, hanya sebagian saja. Sedangkan sisanya saya simpan di lemari es, besok saya masak lagi dengan menu lainnya.

Kali ini saya akan memasak dengan resep yang sederhana, dengan bumbu yang sederhana pula. Racikannya hanya diiris tanpa menguleknya. Jadi sedikit memperingan pekerjaan. Eh, ternyata hasilnya enak loh. Maka itu saya ingin berbagi resep di sini.

Yuk, disimak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun