Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Yuk, Memasak Semur Berkuah Bola-bola Daging Sapi yang Segar dan Nikmat

11 Agustus 2021   07:32 Diperbarui: 11 Agustus 2021   19:36 922
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Yuk, memasak Semur Berkuah Bola-bola Daging Sapi yang segar dan nikmat. | Foto: Wahyu Sapta.

Hari libur bagi saya adalah kesempatan untuk bereksplorasi di dapur. Saat bisa menyalurkan hobi sambil mencoba resep ala "me", itu adalah semacam refreshing, meskipun di dalam rumah.

Memasak itu, bagi saya ibarat perpaduan menyalurkan hobi dan membuang ekspresi jiwa yang gundah. Hahaha... Maksudnya, mumpung anak-anak libur sekolah dan sedang bersantai, mereka bisa mencicip masakan bundanya. Eh, nggak nyambung, ya?

Ada sih sambungannya. Nah, suatu kebahagiaan tersendiri jika mereka memuji masakan bundanya dengan melahapnya hingga habis. Artinya juga, melahap kegundahan hati sang bunda hingga tak bersisa. Aih... tiiing!

Kebetulan di lemari es tersimpan daging sapi cincang beku yang saya beli beberapa waktu lalu di kedai daging. 

Hem, enaknya dibikin apa ya? Kalau bakso, rasanya sudah biasa. Lagian kalau bakso tidak cocok jika disantap dengan nasi.

Saya ingin memasak sesuatu, yang cocok untuk makan siang. Terlintas nih, bagaimana jika memasak dengan bumbu semur? Pasti anak-anak suka. Memang beberapa kali saya memasak semur, tetapi semur ayam.

Kali ini, saya mencoba resep semur dengan bahan dasar daging sapi cincang. Jadilah saya memasak Semur Berkuah Bola-bola Daging Sapi. Suatu resep coba-coba dari saya. Kebetulan anak-anak suka dengan masakan semur. Pas kan, kalau saya memasak semur?

Oh ya, semur ini merupakan salah satu olahan daging yang diadaptasi dari kuliner Belanda, loh. Bumbunya diberi sentuhan lokal, berempah dan memakai kecap manis.

Persiapkan terlebih dahulu bahan dan bumbunya agar mempermudah saat memasaknya. | Foto: Wahyu Sapta.
Persiapkan terlebih dahulu bahan dan bumbunya agar mempermudah saat memasaknya. | Foto: Wahyu Sapta.

Semur yang saya buat ini sangat simpel dan praktis. Bumbunya sederhana. Cara memasaknya juga mudah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun