Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Yuk, Bikin Risol Mayo, Bisa untuk Camilan Buka Puasa, Loh!

11 April 2021   16:29 Diperbarui: 13 April 2021   15:10 1149 55 25 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Bikin Risol Mayo, Bisa untuk Camilan Buka Puasa, Loh!
Yuk, bikin risol mayo, bisa untuk camilan saat berbuka puasa ramadan, loh! | Foto: Wahyu Sapta.

Kapan hari saya mendapat oleh-oleh risol mayo beku yang belum digoreng. Kemudian saya menggorengnya dan anak-anak suka. Katanya enak. Saya juga ikut mencicipnya. Iya, enak juga. 

Memang sih, bukan pertama kalinya saya mencicip risol mayo. Tetapi pada saat itu risol sudah digoreng dan tinggal menyantapnya. Berbeda kali ini, yang masih hangat dan berbau harum karena baru saja diangkat dari penggorengan. Melihat ekspresi anak-anak yang begitu suka, saya jadi kepikiran untuk membuatnya sendiri.

Seperti biasa, karena kepo kemudian searching di internet mencari resepnya. Duh, sepertinya gampang nih. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Terigu, mayones, keju, sosis atau diganti dengan daging asap, bisa dibeli di toko terdekat. 

Apalagi ini menjelang puasa ramadan. Risol mayo ini bisa untuk camilan pada saat berbuka. Sewaktu-waktu bisa digoreng tanpa ribet, karena bisa dipersiapkan sejak sekarang. 

Risol mayo ini bisa dibekukan dengan memasukkannya dalam wadah, kemudian disimpan di frezzer. Bisa tahan hingga satu minggu lebih loh. Jika dibutuhkan, tinggal menggorengnya saja.

Saya sih, apapun yang disukai anak-anak bakalan saya bikin untuk mereka. Apalagi cara membuatnya praktis dan tidak ribet. Selama saya bisa, ya ayo dan ternyata bisa loh. Hahaha... padahal ini adalah kali pertama saya membuatnya. Meskipun tidak ahli, lumayan lah untuk dipamerkan di sini.

Saya juga senang berbagi pengalaman, sekaligus sebagai catatan yang bisa berguna. Apabila sewaktu-waktu pengin membuatnya, tinggal membukanya. Saya juga menjadi lebih mahir karena sudah pernah mencobanya.

Yuk, bikin risol mayo!

Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya agar mempermudah dalam memasaknya. Jangan lupa persiapkan juga teflon ukuran 20 cm untuk membuat kulit risol dan minyak goreng untuk menggorengnya.

Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, agar mempermudah dalam memasaknya. Foto: Wahyu Sapta.
Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, agar mempermudah dalam memasaknya. Foto: Wahyu Sapta.
Bahan-bahannya:

Bahan kulit risol:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sachet susu bubuk
  • 2 butir telur
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 500 ml air
  • 1/2 sendok teh garam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x