Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Apa Sih Tanaman Hias 2021 yang Bakalan Tren?

14 Januari 2021   15:26 Diperbarui: 16 Januari 2021   09:32 1029 59 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Sih Tanaman Hias 2021 yang Bakalan Tren?
Begonia dalam pot besar tanaman hias 2021. | Foto: Wahyu Sapta.

Berbincang dengan Bu Tikno adalah hal yang menyenangkan. Ia adalah pemilik Kios Bunga Yasmin Annisa, yang merupakan kios penjualan tanaman cukup besar di daerah Bandungan Kabupaten Semarang. Beberapa kali saya berkunjung ke sana. Saya ingin tahu, apa sih tanaman hias 2021

Saya yang suka tanaman, seakan betah berada di sana. Tidak harus membeli, karena melihat tanaman di sana, hati saya sudah adem dan senang. Memang sih, saya juga tidak sekadar berkunjung, karena saya ingin membeli beberapa tanaman bunga untuk saya rawat di rumah.

Saya sering berkunjung ke kios tanaman Bu Tikno yang luas. Betah kalau di sana. | Foto: dokpri.
Saya sering berkunjung ke kios tanaman Bu Tikno yang luas. Betah kalau di sana. | Foto: dokpri.
Di tempat kios Bu Tikno, saya bisa melihat tanaman hias 2021 yang sedang tren. Duh, ngiler jadinya, karena berbagai tanaman tren dan mahal terpajang. Ada Begonia, Monstera atau Janda Bolong, Sirih Putih, Aglonema dan masih banyak lagi. Bahkan tanaman daun-daun kecil, yang konon kata Bu Tikno dijual per daun, menjadikan tanaman itu berharga mahal. Harga yang fantastis untuk sebuah tanaman. Wah...

Sebenarnya ia tidak melulu berjualan tanaman yang sedang tren, melainkan juga tanaman lainnya untuk keperluan taman dan hiasan untuk teras rumah. Tetapi tanaman yang di pajang di depan merupakan tanaman yang sedang tren, sehingga menarik calon pembeli untuk mampir di kios tanamannya.

Saya bertanya, apakah selama ini ada yang membeli tanaman mahal tersebut? Karena menurut saya, tanaman mahal itu berharga tidak masuk di akal dan saya mungkin tidak akan membelinya mengingat kantong saya tidak akan sanggup membelinya hanya demi sebuah tanaman. Ia menjawab, "Oh, ada. Bahkan sudah langganan dan sering mampir ke sini. Pembeli itu bahkan tidak menawar."

Begitu, ya. Kalau sudah hobi pada tanaman, berapapun harganya tidak masalah, pasti orang kaya. Batin saya. 

Keladi Putih yang sempat tren tahun lalu. | Foto: Wahyu Sapta.
Keladi Putih yang sempat tren tahun lalu. | Foto: Wahyu Sapta.
Bu Tikno juga bercerita, bahwa pembeli yang datang dari berbagai kalangan. Untuk pembeli tanaman tren mahal, biasanya memang langsung dari konsumen. Sedang tanaman bunga tren murah dan biasa, terkadang pembelinya adalah konsumen langsung, atau orang yang ingin menjualnya kembali.

Apa sih Tanaman Hias yang Bisa Tren di Tahun 2021?

Saya bertanya pada Bu Tikno, "Apa sih tanaman hias 2021 yang sedang tren saat ini?" Ia yang berjualan tanaman sejak lama pasti tahu, kondisi pasar tanaman seperti apa saat ini. 

Memang pada awal pandemi tahun lalu, dalam bulan-bulan awal pandemi mengalami sepi pembeli. Tetapi tidak lama. Karena saat pandemi justru orang-orang mencari kesibukan dengan hobi baru mengoleksi tanaman hias. 

Bahkan pada bulan sesudah lebaran tahun lalu, ia mengalami peningkatan penjualan. Dari tanaman bunga-bungaan, hingga tanaman daun-daunan seperti Monstera, Keladi, Aglonema dan lainnya. Bu Tikno sampai kewalahan. Tetapi itu berkah baginya. Di saat orang lain merasakan bagaimana pandemi telah membuat penurunan pendapatan, justru ia mengalami kenaikan pendapatan. Hingga ia bisa membeli satu mobil bak terbuka dan menambah lahan sewa untuk lapaknya berjualan tanaman. MasyaAllah, berkah ya buat Bu Tikno.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN