Mohon tunggu...
Wahyu Ambarwati
Wahyu Ambarwati Mohon Tunggu... Practice makes perfect

Simpel tapi kompleks

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Belajar Bahasa Inggris Melalui Game "Barcode Search"

16 Maret 2021   17:17 Diperbarui: 8 Mei 2021   22:51 197 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Bahasa Inggris Melalui Game "Barcode Search"
olahan pribadi

Pembelajaran bahasa asing di Indonesia menjadi sebuah tantangan besar bagi guru karena siswa tidak menggunakan bahasa tersebut dalam komunikasi sehari-hari. Sudah menjadi trending topik bahwa siswa selalu mengalami demotivasi saat harus belajar bahasa asing. Sebagai guru Bahasa Inggris , kemampuaan untuk menjaga mood dan motivasi siswa sangat penting sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. 

Drnyei (1998 seperti dikutip dalam Pourhosein Gilakjani, Leong, & Saburi, 2012) mendefinisikan istilah motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik mengacu pada motivasi untuk terlibat dalam suatu kegiatan karena kegiatan itu menyenangkan melakukan sedangkan motivasi ekstrinsik mengacu pada tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan beberapa tujuan instrumental seperti mendapatkan hadiah atau menghentikan hukuman. 

Selain Dornyei, Brown (2000) juga menunjukkan hubungan antara dua jenis motivasi ini. Sebagai ekstrinsik motivasi dapat berubah menjadi motivasi integratif jika orang lain ingin pelajar L2 mengetahui L2 untuk integratif tujuan; motivasi ekstrinsik dapat berubah menjadi motivasi instrumental jika kekuatan eksternal menginginkan pelajar L2 untuk mempelajari bahasa L2.

Mencermati pernyataan Dornyei dan Brown tersebut diatas dan melihat kenyataan di kelas bahwa motivasi siswa sering turun di tengah-tengah bahkan diawal pembelajaran membuat guru bahasa asing harus berjuang keras mempertahankan daya retensi motivasi siswa tersebut baik motivasi. 

Siswa dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik seperti dikemukan kedua ahli tersebut cenderung memiliki daya retensi lebih tinggi dibanding siswa yang tidak memiliki motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Oleh karena itu guru bahasa asing harus jeli melihat masalah ini dan selalu mencari solusi untuk mempertahankan daya tahan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. 

Banyak pendekatan, model, pendekatan, strategi, dan teknik mengajar bahasa asing yang dapat digunakan guru dalam menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar bahasa, salah satunya adalah melalui permainan/ game. 

Permainan "Barcode Search" merupakan permainan yang paling menarik untuk diterapkan karena siswa akan belajar dalam situasi ' subconscious' (di bawah alam sadar) sehingga atmosfer rileks dalam proses pembelajaran muncul. 

Untuk membuat permainan "Barcode Serach" guru harus membuat barcode yang berisi teks (untuk pembelajaran reading), dialog (untuk pembelajaran speaking) dan audio atau video (untuk pembelajaran listening).  Sebelum guru membuat barcode tentu ssaja guru harus menyiapkan RPP dan Materi yang akan diajarkan dalam pembelajaran tersebut. 

Berikut adalah contoh penerapan permainan "Barcode Serch" dalam pembelajaran Bahasa Inggris:

Kelas: IX

Kompetensi dasar: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN