Mohon tunggu...
Wahyu DwiAprian
Wahyu DwiAprian Mohon Tunggu... Mahasiswa Teknik Mesin

Saya Wahyu Dwi Aprian mahasiswa Sarjana Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta. Saya bertempat tinggal di Desa Kaleng RT 01/ RW 01 Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengan. Sekarang saya sedang melaksanakan kegiatan KKN Era Covid-19 dengan judul Supporting Pemahaman dan Edukasi Masyarakat Terhadap Covid-19 Guna Mencegah Rantai Penyebaran di Desa Kaleng, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penyuluhan dan Edukasi Mengenai PHBS oleh KKN UNS Era Covis 19 Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19

8 Juli 2020   11:56 Diperbarui: 11 Juli 2020   08:07 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyuluhan dan Edukasi Mengenai PHBS oleh KKN UNS Era Covis 19 Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19
Penyuluhan dan Edukasi PHBS di Sekitar RT 01/ RW 01 Desa Kaleng

(KEBUMEN, 14 Juni 2020) Dalam upaya melaksanakan pencegahan penularan Covid-19 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada masa pandemi Covid-19 ini, telah melaksanakan KKN UNS Era Covid 19 dengan lancar salah."Kami telah melakukan kegiatan penyuluhan dan edukasi PHBS yang terlaksana dengan baik dan lancar" ujar Wahyu Dwi Aprian selaku Mahasiswa UNS. PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta mempunyai peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Kesadaran akan bahaya penularan Covid 19 masih sangat minim salah satunya di Desa Kaleng RT 01 RW 01, Puring, Kebumen yang merupakan daerah padat karya atau banyak kerumunan orang. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, mahasiswa UNS Wahyu Dwi Aprian yang didampingi dosen pembimbing lapangan. Bapak Yayan Suherlan melaksanakan KKN UNS Era Covid 19 dengan Tema Besar Supporting Pemahaman masyarakat terhadap COVID 19. Program KKN UNS Era Covid 19 yang dilaksanakan mahasiswa UNS ada enam program salah satunya adalah PHBS.

Program ini meliputi pembelian dan penyediaan sabun cuci tangan di tempat yang memungkinkan menjadi titik berkumpulnya banyak orang seperti masjid, perumahan, pasar, dan memberikan edukasi tentang pentingnya PHBS kepada masyarakat. Sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid 19 secara dini pada masyarakat Desa Kaleng RT 01 RW 01 maka dilakukan penyuluhan dan edukasi yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat agar dapat mengetahui bagaimana pentingya pola hidup bersih dan sehat demi mencegah terjadinya penularan Covid 19. Masyarakat juga selalu dihimbau untuk tetap memakai masker dan tetap menjaga jarak aman.

Dengan diadakannya penyuluhan dan edukasi mengenai PHBS diharapkan semua lapisan masyarakat Desa Kaleng RT 01 RW 01 akan lebih sadar akan pentingnya selalu menjaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemik Covid 19 sekarang ini. Masyarakat pun sangat antusias dalam membantu pelaksaanaan penyuluhan dan edukasi mengenai PHBS serta banyak mendapatkan dukungan dari Ketua RW setempat. "Saya sebagai ketua RW sangat mendukung semua kegiatan KKN UNS Era Covid-19 dalam membantu masyarakat melaksanakan pencegahan penularan Covid 19 dan saya mewakili masyarakat RW 01 mengucapkan terimakasih banyak" ujar Bapak Sartu selaku Ketua RW 01 Desa Kaleng

VIDEO PILIHAN