Mohon tunggu...
Wahyu Gunawan
Wahyu Gunawan Mohon Tunggu... Atlet - Mahasiswa

mahasiswa pendidikan indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Mengajak siswa-siswi SDN Pamoyanan untuk Selalu Menjaga Kebersihan Kelas

10 Agustus 2022   14:07 Diperbarui: 10 Agustus 2022   14:31 80 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) Menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) mulai tanggal 11 juli 2022 sampai dengan 10 agustus 2022. KKN ini dinamakan KKN Tematik dengan mengusung tema pemberdayaan Masyarakat berbasis SDG's Desa dan MBKM. 

Dengan tema komsumsi dan produksi desa. Kami beranggotakan 4 orang yang berbeda jurusan, yang tergabung dalam kelompok 98, melakukan kegiatan KKN di SDN Panenjoan yang berlokasi di kp. Pamoyanan rt01 rw12 Desa Panenjoan, kec cicalengka. Jawa Barat, 40395. Kegiatan yang dilakukan yaitu mengajak siswa-siswi SDN Panenjoan untuk selalu menjaga kebersihan kelas.

Kegitan ini dilakukan oleh empat orang mahasiswa upi dari berbagai jurusan ada dua orang dari jurusan ilmu keolahragaan, dan ada di jurusan Bahasa sunda, dan ada juga jurusan Pendidikan guru sekolah dasar pendiidikan jasmsni. KKN ini di bimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan dari Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, yakni Drs. H. Faqih Samlawi, MA.

Kesadaran akan sampah dilingkungan sekolah maupun di dalam kelas masih memperhatinkan saya karena begitu saya dan teman-teman saya berada di lokasi sampah-sampah berserakan dimana-mana, dan belum adanya tempat sampah di sekolah.

Upaya pertama yang kami lakukan yaitu sosialisai terhadap para siswa betapa pentingnya menjaga lingkungan sekolah dan kelas karena Ketika suatu tumpukan sampah berada dilingkungan sekolah itu bisa menjadi penyakit seperti diare, gatal-gatal dan lain-lain dan juga tidak akan nyaman saat pembelajran berlangsung ada bau yang tidak sedap dan sampah yang berserakan di dalam kelas. 

Maka dari itu kami menyediakan tiga tong sampah agar bisa menjaga kebersihan kelas terlebih dahulu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan