Mohon tunggu...
Wahid Taufiq
Wahid Taufiq Mohon Tunggu... Mahasiswa semester 4 jurusan Ilmu Komunikasi

Belajar menulis dan meliput berita

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Memanjakan Mata di Gunung Merbabu

30 April 2021   09:58 Diperbarui: 30 April 2021   10:07 132 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memanjakan Mata di Gunung Merbabu
Penampakan Gunung Merapi dari Sabana Merbabu/dokpri

Pasti tak asing lagi dengan Gunung Merbabu yang selalu terdengar dikalangan pendaki. Sampai saat ini Gunung Merbabu masih terlihat berdiri kokoh menemani Gunung Merapi yang sedang tidak baik-baik saja. Gunung Merbabu terletak di antara tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Semarang di sebelah Utaranya, Kabupaten Magelang yang berada di sebelah Baratnya, dan Kabupaten Boyolali di sebelah Timur dan Selatannya. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3145 Meter Diatas Permukaan Laut. Terdapat empat jalur yang saya ketahui dapat menghantarkan kita ke puncak Gunung Merbabu seperti Jalur Kopeng, Jalur Wekas, Jalur Suwanting, dan Jalur Selo.

Jalur Selo menjadi jalur favorit untuk para pendaki yang ingin menikmati view pemandangan sabana yang sangat luas. Apalagi nampak terpapang jelas penampakan view Gunung Merapi membuat lebih menarik lagi untuk memanjakan mata ketika berada di jalur tersebut. Jalur ini juga dinilai lebih santai dan lebih panjang daripada jalur yang lain. Bagi pendaki pemula tidak usah takut atau ragu untuk mendaki di Gunung Merbabu Via Selo, karena jalur yang akan dilalui cukup landai sedikit terjal dibandingkan dengan jalur pendakian lain.

Estimasi waktu dan medan pendakian Merbabu Via Selo bisa dibaca di bawah ini :

BASECAMP -- POS 1

Pendakian Merbabu melalui jalur Selo akan disambut oleh gapura selamat datang dari Taman Nasional Gunung Merbabu. Dari BaseCamp sampai Pos 1 jalurnya masih dibilang mudah (landai) dan berjarak kurang lebih 1,5 -- 2 jam untuk sampai pos 1 yang bernama Dok Malang.

POS 1 -- POS 2

Dari pos 1 sampai pos 2 terdapat pos bayangan di tengah-tengahnya yang bertujuan untuk tempat istirahat para pendaki. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pos 2 sekitar 30 menitan. Jalur yang dilalui terbilang landai dan sedikit terjal.

POS 2 -- POS 3

Pemandangan yang disajikan ketika melewati jalur ini sudah terlihat begitu indah hingga bisa melipur fisik yang lelah karena perjalanan. Dari pos 2 ke pos 3 melewati jalur yang lumayan terjal dengan perkiraan waktu sekitar 1 jam.

Pada pos 3 ini juga sering dijadikan sebagai tempat camp. Banyak pendaki yang sudah mendirikan tenda di pos 3 ini karena kondisi tanah yang lumayan luas. Gunung Merapi pun sudah bisa dilihat dari pos 3 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x