Mohon tunggu...
Wahid Romadhoni Wicaksono
Wahid Romadhoni Wicaksono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP N 1 Mojolaban

Guru bahasa Indonesia di SMP N 1 Mojolaban yang sedang belajar menulis di media massa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyenangkan, Berpuisi dengan Karyawisata

9 Desember 2022   22:48 Diperbarui: 9 Desember 2022   23:22 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo sahabat kompas,

Salam literasi,

Saya akan berbagi pengalaman terbaik saat melakukan pembelajaran di SMP Negeri 1 Mojolaban tempat saya mengajar. Peserta didik yang terlibat adalah kelas 8D. Praktik pembelajaran yang saya lakukan tentang menulis dan menyajikan puisi menggunakan pendekatan TPACK, model pembelajaran project based learning, dan metode karyawisata. Materi yang saya paparkan menggunakan canva. Best practices atau pengalaman terbaik saat praktik pembelajaran saya buat menggunakan metode STAR (SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAMPAK).

Tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, TPACK, model pembelajaran project based learning, metode karyawisata, permainan, media canva presentation, video diharapkan mampu mengatasi kesulitan peserta didik dalam menulis dan menyajikan teks puisi. Melalui strategi pembelajaran tersebut peserta didik dapat menemukan ide atau gagasan, menulis dan menyajikan teks puisi dengan jujur dan tanggung jawab.

SITUASI

Bagaimana kondisi yang menjadi latar bekakang masalah?

  • Guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran yang inovatif
  • Guru kurang maksimal dalam menerapkan teknologi (pemanfaatan pendekatan TPACK)
  • Guru belum menggunkaan media pembelajaran yang menarik.
  • Guru masih mendominasi penggunaan metode cermah dan kurang memberikan contoh pemodelan.

Apa manfaat pembelajaran ini? Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak bagi saya dan orang lain dalam proses pembelajaran yaitu:

  • Penggunaan model pembelajaran PJBL, peserta didik sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
  • Model PJBL dikombinasikan pendekatan saintifik, TPACK, karyawisata, diskusi, tanya jawab, permainan menjadikan pembelajaran lebih bervariasi dan menarik.
  • Menggunakan canva presentation dan tayangan video pembacaan puisi, video lucu pembelajaran lebih menarik, inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik dan tidak membosankan.
  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik dan guru berperan sebagai fasilitator dan motivator.
  • Saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik lebih fokus.
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan.

Apa peran dan tanggung jawab saya pada pembelajaran ini? Peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu:

  • Melakukan revisi perbaikan rencana pembelajaran PPL 4 berdasarkan hasil diskusi dan presentasi yang sudah dilakukan.
  • Mengunggah perangkat pembelajaran PPL 4 di LMS.
  • Menentukan jadwal PPL 4 dan membuat ruang vicon.
  • Menyiapkan media pembelajaran yang menarik
  • Mengondisikan peserta didik untuk melaksanakan PPL 4.
  • Melaksanakan PPL 4 berdasarkan perangkat pembelajaran ke 4.
  • Merekam dalam bentuk video proses pelaksanaan PPL 4.
  • Mengunggah video tanpa editing (original) di LMS.
  • Mengunggah video yang sudah di edit dengan durasi 15 menit pada LMS.
  • Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan bersama dosen, guru pamong, dan mahapeserta didik ppg.

TANTANGAN

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

  • Guru belum menguasai sintakmatik model pembelajaran sehingga dalam pembelajaran belum terlaksana secara maksimal.
  • Pada saat proses pembelajaran peserta didik biasanya hanya bersikap pasif. Peserta didik belum terbiasa dengan model pembelajaran yang mengharuskan mereka untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Misalnya mempresentasikan, menanggapi.
  • Guru harus bisa membuat media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik peserta didik itu sendiri. Media menjadi peran penting untuk meningkatkan minat peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas.
  • Pemilihan pendekatan, model, dan metode yang tepat oleh guru agar peserta didik dapat aktif dalam proses pembelajaran di kelas.
  • Selama ini metode yang dipakai guru hanya metode ceramah dan dianggap kurang bervariasi ketika belajar di kelas. Metode yang seperti itu peserta didik hanya bersikap pasif karena hanya berpusat pada guru dan bersifat satu arah saja tanpa melibatkan keaktifan peserta didik di kelas.
  • Penggunaan metode karyawisata membutuhkan waktu yang panjang dan pengawasan terhadap peserta didik karena kegiatan pembelajaran ini dilakukan di luar kelas.
  • Kualiatas atau kekuatan sinyal di ruang kelas tidak stabil.

Siapa saja yang terlibat?

  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pelaksanaan pembelajaran PPL AKSI 4.
  • Kepala sekolah sebagai penanggung jawab di sekolah.
  • Peserta didik kelas VIII D sebagai sentral dalam proses pembelajaran.
  • Guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII D.
  • Guru sebagai fasilitator dan motivator.
  • Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun