Mohon tunggu...
wahdah labbaika
wahdah labbaika Mohon Tunggu... Full Time Blogger - mahasiswa

saya suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Krisis Karakter Pendidikan Indonesia di Kalangan Mahasiswa

7 Desember 2022   06:48 Diperbarui: 7 Desember 2022   06:49 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Akhir-akhir ini banyak sekali berita tentang penyimpangan karakter dikalangan mahasiswa Hal tersebut merupakan dampak dari adanya kemudahan yang ditawarkan oleh era digitalisasi. Koneksi internet yang sederhana, saat ini bisa kita lihat Masalah yang dihadapi mahasiswa di Indonesia. 

Melalui internet kami telah melihat banyak kasus seperti itu dalam beberapa tahun terakhir dan bahkan berbulan-bulan Bullying siswa SD, SMP bahkan SMA, kasus pemerkosaan mahasiswa, narkoba, hamil diluar nikah, kasar, tidak tahu bagaimana menghormati satu sama lain dan orang lain. Selain mahasiswa, perilaku menyimpang juga dilakukan oleh para wakil rakyat yang disebut-sebut banyak terlibat dalam korupsi, zina, saling tuding dan penyebaran berita bohong di kalangan elit, dll.

 Eksistensi suatu bangsa sangat ditentukan oleh karakter masyarakat didalamnya, bangsa yang memiliki karakter kuat akan menjadi bangsa yang mampu bersaing dengan negara lain serta bangsa yang mempunyai martabat sehingga disegani oleh bangsa lain.Salah satu usaha yang dapat meguatkan karakter masyarakat suatu bagsa yaitu melalui pendidikan. 

Namun, pada kenyataanya pendidikan masih belum bisa mengatasi masalah penyimpangan karakter. Hal tersebut dapat ditandai dengan banyaknya berita atau kasus mengenai perilaku yang menyimpang di kalangan mahasiswa contohonya. 

Salah satu contohnya terjadi kasus pembunuhan berencana yang dilakukan oleh mahasiswa universitas sebelah maret surakarta kepada seorang wanita hamil di pantai kukup, kelurahan kemadang, kapanewon tanjungsari kabupaten gunung kidul daerah Istimewa Yogyakarta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun