Mohon tunggu...
Syainullah Wahana
Syainullah Wahana Mohon Tunggu... Berlokasi di Sulawesi Indonesia

Manivestasi Jiwa Petualang Negeri Di atas Awan dan Dunia Bawah Laut Ngeblog juga di http://wahanalatambaga.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian YAPI Bone, Ber-KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Bulan Ramadhan

25 Mei 2019   09:00 Diperbarui: 25 Mei 2019   15:17 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian YAPI Bone, Ber-KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Bulan Ramadhan
Penerimaan

Alhamdulillah, segala puji bagi-Mu yang menganugerahkan kami tanah air yang dilukiskan sebagai tanaman surga. Setelah dilaksanakan pelepasan Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian YAPI Bone pada tanggal 29 April 2019. 

Seluruh Mahasiswa berangkat bersama Dosen Supervisor menuju Kantor Kecamatan Cendrana, Kabupaten Bone, lokasi ber-KKN dimana dengan diterimanya mahasiswa STIP YAPI Bone oleh pemerintah daerah di kecamatan dan dihadiri oleh staff dan beberapa tokoh masyarakat desa pada hari itu juga mereka diberikan tempat tinggal pada 2 (dua) Desa di Kec. Cendrana yaitu Desa Awang Cendrana dan Desa Cakkeware.  

Mahasiswa KKN STIP YAPI Bone oleh Pemerintah Daerah, Kec. Cendrana, Kab. Bone, Sulawesi Selatan 

Sebanyak 10 Mahasiswa KKN dan Terdiri dari 2 Dosen Supervisor STIP YAPI Bone yang mendampingi mahasiswa yaitu A. Murniati, S.TP. M.Si (Dosen Agroteknologi) dan Syainullah Wahana, S.Pi., M.Si (Dosen Agrobisnis Perikanan), yang ditemani oleh Yusnan Suyuti, S.Pi., M.Si sebagai Ketua Program Studi Agrobisnis Perikanan STIP YAPI Bone beserta staff kampus yang turut mengantar mahasiswa.  

Pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk pengaplikasian ilmu teoritis secara langsung di lapangan selanjutnya direalisasikan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata merupakan pengalaman ilmu yang menuntut mahasiswa STIP YAPI Bone kepada pola pikir interdisiplin dan komprehensif. 

Mahasiswa STIP YAPI Bone akan melaksanakan KKN selama 2 Bulan  dan pada Bulan Pertama tanggal 14 Mei 2019 sebagai Dosen Supervisor STIP YAPI Bone telah melakukan kunjungan pertama kalinya pada lokasi Mahasiswa ber-KKN di bulan Ramadhan kali ini. 

Kunjungan Dosen Supervisor tersebut, ingin memaksimalkan jadwal kegiatan KKN mahasiswa dengan program-program ber-KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dapat terlihat secara nyata di lingkungan masyarakat yaitu mulai dari proses mengidentifikasi masalah dan membuat konsep pemecahan masalah dengan mengaplikasikan bidang ilmu / program studi mahasiswa yang diperoleh dalam kondisi dan situasi nyata yang dialami atau ditemui pada lingkungan masyarakat. 

Kunjungan
Kunjungan
Kunjungan
Kunjungan
Kunjungan
Kunjungan
Kunjungan
Kunjungan
Kunjungan
Kunjungan
Dosen Supervisor STIP YAPI Bone di lokasi ber-KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Program Studi Agroteknologi dan Agrobisnis Perikanan

Melalui observasi lapangan dan pertemuan pada seminar desa dan FGD (Focus Group Discussion) dimana untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi.   

Di Bulan Ramadhan ini tanggal 18 Mei 2019, mahasiswa KKN STIP YAPI Bone melakukan beberapa program yang bersentuhan langsung pada kegiatan-kegiatan ibadah masyarakat desa, terutama pada anak-anak yang berusia SD (Sekolah Dasar) melaksanakan rangkaian kegiatan lomba menghafal Surah-surah pendek, Tadarruz dan lombah Adzan di lingkungan Masjid yang tidak jauh dari lokasi ber-KKN Mahasiswa. 

Penerimaan
Penerimaan
Penerimaan
Penerimaan
Hadiah Lomba Hafal Surah Pendek, Tadarruz, dan Adzan Tingkat Anak-anak SD (Sekolah Dasar) di Masjid Sekitar Lokasi ber-KKN Mahasiswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2