Mohon tunggu...
Veronika Gultom
Veronika Gultom Mohon Tunggu... https://vrgultom.wordpress.com

IT - Data Modeler

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Sejenak Menyingkir ke Pulau Ubin Singapura

4 Desember 2019   11:15 Diperbarui: 4 Desember 2019   15:36 0 2 1 Mohon Tunggu...
Sejenak Menyingkir ke Pulau Ubin Singapura
Sumber Photo: www.timeout.com

Tahukah Anda bahwa Singapura, negara kecil yang dijuluki "Little Red Dot" memiliki beberapa pulau yang dapat dijadikan tempat untuk menyingkir sejenak dari kesibukan dan kemonotonan hidup.

Pulau Ubin terletak diujung Timur Laut Singapura, dekat area Changi. Untuk Mencapai tempat ini, Anda dapat naik bus menuju Changi Village. MRT terdekat dari Changi Village adalah Tanah Merah.

Jetty Point menuju Pulau Ubin tidak jauh dari Terminal bus Changi Village. Anda dapat menyebrang dengan boat menuju Pulau ubin dengan membeli tiket di loket.

Konon kabarnya, penamaan itu karena jaman dahulu kala, ada pertambangan batu granit yang ditelantarkan di pulau ini. Batu granit adalah batu yang dipakai untuk membuat ubin.

Kita dapat menjelajah pulau ini dengan menyewa sepeda disekitar gerbang pulau Ubin, dengan harga yang tidak terlalu mahal. Biasanya banyak rombongan bersepeda di pulau ini. Oh ya, sebaiknya Anda menyediakan uang cash, karena di pulau ini tidak ada ATM. Hawker Center dan penyewaan sepeda biasanya hanya menerima uang cash saja.

Bersepeda di Pulau Ubin (dok-pri)
Bersepeda di Pulau Ubin (dok-pri)

Ditengah perjalanan menyusuri Pulau Ubin, Anda akan melewati hutan-hutan kecil. Namun jangan khawatir, ada patroli yang berseliweran menggunakan mobil, sehingga suasana cukup aman. Jalanan beraspal cukup bagus dan petunjuk-petunjuk arah pun cukup jelas. Ditengah perjalanan, Anda akan menemukan sebuah danau kecil yang tenang dan bersih. Danau ini tidak diperuntukan untuk orang turun ke airnya apalagi berenang. Danau ini hanya untuk dinikmati dengan mata saja. Biasanya orang akan berfoto ditempat ini.

Menikmati Pulau Ubin (dok-pri)
Menikmati Pulau Ubin (dok-pri)

Di beberapa tempat, jalanan di pulau ubin cukup curam, dan ada satu turunan yang cukup berbahaya jika Anda tidak mahir bersepeda. Jadi sebaiknya Anda berjalan saja ketika melewati jalanan yang curam. Di Pulau Ubin ini, Anda juga dapat bermain-main air dipinggiran laut, melihat burung-burung yang dilindungi, melakukan aktifitas photography, atau sekedar berjalan-jalan menikmati udara segar dan menikmati pemandangan laut.

Di pulau ini, Anda masih dapat melihat rumah-rumah traditional seperti di Indonesia. Rata-rata orang Singapura tinggal di perumahan vertikal seperti rumah susun, yang disebut HDB, apartment dan condominium. Selain itu, ada rumah-rumah yang bukan rumah vertikal, atau biasa disebuat landed house, yaitu rumah-rumah seperti yang umum di Indonesia. Biasanya rumah-rumah type ini lebih modern dan rapi, dan terkenal mahal. Mungkin karena tanah daratan di Singapura kecil.

Jika di Jakarta, kita sulit menemukan hutan kota, Pulau Ubin di Singapura dapat menjadi pilihan. Meskipun dikelilingi hutan, namun tempat ini cukup aman dan nyaman untuk sekedar berjalan-jalan dan bersepeda menyusuri pulau. Tidak terlalu jauh dari kota, dan tidak sulit juga mencari makanan. Selain itu, Anda juga dapat menginap dihotel bintang bertaburan alias mendirikan tenda di pulau ini. Jangan lupa untuk mendaftar dulu kepada petugas, jika Anda ingin mendirikan tenda dan menginap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN