Mohon tunggu...
Veronika Gultom
Veronika Gultom Mohon Tunggu... Ada banyak cara untuk menghasilkan uang, namun alangkah baiknya melakukan sesuatu yang kita suka untuk menghasilkan uang

IT - Data Modeler

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Jakarta, Kota Terpintar di Dunia Periode Selanjutnya

9 Oktober 2019   23:03 Diperbarui: 9 Oktober 2019   23:09 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jakarta, Kota Terpintar di Dunia Periode Selanjutnya
Smart City

Baru-baru ini Singapura mendapat predikat "The Smartest City" di tahun 2019 pada peringkat dunia, dengan rate AAA, sementara Jakarta ada di urutan ke 81 dengan rate CC, dan masih ada lagi beberapa kota yang urutannya dibawah Jakarta. 

Urutan terendah adalah 102 dengan rate D, yaitu kota Lagos. Ranking tersebut diberikan berdasarkan penilaian dari IMD World Competitiveness Center's Smart City Observatory pada tanggal 3 Oktober 2019, bekerja sama dengan Singapore University of Technology and Design (SUTD). (Berita ini juga dapat dibaca di sini.)

Singapura, negara kecil yang hanya terdiri dari satu kota, dengan luas 724,2 km2 (km square), menurut data tahun 2017,  namun sangat modern dan maju.

Apa yang Dimaksud dengan Smart City

Sebuah kota dikatakan Smart/Pintar tergantung pada usaha dan keberhasilan kota tersebut dalam menerapkan teknologi pintar (smart technology) untuk meningkatkan kehidupan penduduknya. Penilaian diberikan berdasarkan persepsi penduduknya terhadap beberapa kriteria dibawa ini. 

Kriteria Smart City

Ada empat area kunci dalam menentukan kriteria smart city, yaitu

1. Mobilitas

2. Kesehatan

3. Keamanan Publik/Masyarakat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6