Mohon tunggu...
Maria VonyxaMerdeka
Maria VonyxaMerdeka Mohon Tunggu... Lainnya - Maria Vonyxa Merdeka Daychi

Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Universitas Muhammdiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kegiatan "Jagong Sumber" Promosi Sekaligus Edukasi Wisata Alam Melalui Pemeliharaan Sumber Mata Air di Desa Bumiaji

24 Juli 2021   12:54 Diperbarui: 24 Juli 2021   13:26 41 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan "Jagong Sumber" Promosi Sekaligus Edukasi Wisata Alam Melalui Pemeliharaan Sumber Mata Air di Desa Bumiaji
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kelompok Satu Masa dengan mata kuliah Praktikum Public Relation & Manajemen Event Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Bersama pemuda Desa Bumiaji mengadakan Event bertajuk "Jagong Sumber". Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan atas sumber air desa yang melimpah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jum'at tapatnya pada tanggal 2 Juli 2021.
Ketua Panitia Cindy Tamara menyelenggarakan, agenda Jagong Sumber dengan menghadirkan narasumber yaitu Mad Berlin yang merupakan perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu, pemuda desa wisata Bumiaji,  perangkat desa Bumiaji, serta Dosen Mata Kuliah Bapak Jamroji, S.Sos, M.Comms turut menghadiri acara tersebut. Kegiatan berlangsung pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.
Jagongan yang dilakukan di bawah aliran sumber mata air Cinde terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga desa Desa dan pendatang/wisatawan terkait pentingnya merawat air dan menghindarkan dari perilaku masyarakat yang kurang bijak dalam penggunaan dan pemanfaatan sumber mata air.
Jagong Sumber merupakan sebuah kegiatan yang diharapkan dilakukan secara terus-menerus setiap tahunnya bertujuan untuk nantinya dapat meningkatkan kesadaran dalam merawat air yang kemudian dapat menjadi kebiasaan masyarakat dan pada akhirnya dapat menjadi budaya turun-temurun dalam masyarakat dalam upaya pelestarian air. Pemanfaatan sumber Cinde sebagai wisata alam bisa dimanfaatkan masyarakat desa untuk membantu meningkatkan UMKM lokal desa.
Sebelum pelaksanaan Jagong Sumber Kelompok Praktikum Satu Masa beserta pemuda Desa Bumiaji melakukan kerja bakti untuk membersihkan sumber mata air dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk baik dirumput liar dan daerah sekitar aliran air. Kerja bakti tersebut dianggap sebagai upaya awal dalam perawatan kebersihan sumber mata air kedepannya.
Desa Bumiaji yang berada pada ketingian rata-rata 1.500 mdpl selain memiliki daya tarik pesona berupa pemandangan alam di ketinggian menjadikan sumber air sebagai penunjang pertanian atau perkebunan daerah agrowisata. Dengan diadakannya Kegiatan event "Jagong Sumber" ini Kelompok Praktikum Satu Masa  berharap akan semakin gencarnya promosi destinasi wisata di  melalui berbagai media, diharap berdampak positif pada tingkat kunjungan wisatawan, lebih dikenal luas serta dapat memajukan pendapatan ekonomi warga desa Bumiaji.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN