Mohon tunggu...
Askqulnf
Askqulnf Mohon Tunggu... -

—>Pelajar —>Army 💜 “Dream and Reality, I became more indifferent, But also more Desperate.”

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mengalami "Writer's Block"? Ada Solusinya!

19 September 2018   22:56 Diperbarui: 19 September 2018   23:50 490
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hai! Teman dan Reader's yang membacanya, kali ini aku bakalan bahas tentang Write Block yang sering kali dialami setiap penulis. Biasanya didalam dunia kepenulisan itu memang sering terjadi hal seperti ini, dan sebagai mana saya juga adalah seorang penulis meski belum dalam tahap penulis profesional. 

Tapi aku mengakui bahwa menulis itu memang ada susah gampangnya. Disamping itu menulis juga bisa membuat seseorang menuangkan sesuatu lewat tulisan. Ada banyak orang yang mengakui bahwa menulis itu sangat sulit. Sebenarnya tidak ada yang sulit jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh. Maka dari itu saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang saya yang dilanda Writer Block.

Pertama-tama kita harus mengetahui tentang apa itu Writer Block. Writer Block adalah dimana seorang penulis tidak dapat menuangkan idenya kedalam tulisan. Nah, kamu pernah kesulitan cari ide buat alur ceritamu? Atau bingung buat alur yang kamu buat itu udah pasti atau belum yakin? Bahkan susah buat cari kata-kata?

Selamat anda terkena Virus Writer Block.

Hal yang diatas itu adalah hal yang aku alami selama menulis. Sampai sekarang saja cerita yang aku buat di aplikasi menulis masih tergantung. Virus Writer Block ini kata teman ku yang jua seorang Author, sebenarnya bisa hilang.

Katanya Writer Block itu dimana kita hanya jenuh dan tidak memiliki inspirasi buat cerita kita. Dan disitu aku mulai berfikir, akhir-akhir ini memang aku kekurangan pasokan buat inspirasi ceritaku. Aku adalah seorang pelajar yang berhobi menjadi seorang penulis, kadang ideku biasa tiba-tiba muncul entah dimana ataupun kapan, aku biasanya bawa note buat tulis ideku agar tidak hilang. 

Tapi karena banyaknya tugas dan pelajaran sekolah yang harus ku dalami, hobi menulis ku kesampingkan. Kadang jika ada waktu bakal ku luangkan waktu buat menulis.

Well, aku mau kasih tips buat kalian yang terkena Writer Block.

1.Fokus

Fokus adalah salah satu hal yang harus kita lakukan dalam menulis. Dengan begitu plot dan alur yang kita buat tidak akan simpang-siur untuk dibaca.

2.Sudah menetapkan Karakter dalam ceritamu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun