Mohon tunggu...
I NyomanVladimir M
I NyomanVladimir M Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Undergraduate student at University of Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hal Yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Sebelum Ngekost

21 September 2022   18:37 Diperbarui: 22 September 2022   00:10 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebagai mahasiswa yang merantau, pasti ada kalanya ketika kita kebingungan mengenai hal-hal yang harus kita persiapkan sebelum memulai ngekost.  Dari pengalaman saya sendiri, ngekost merupakan hal yang tidak bisa dibilang mudah dan tidak juga bisa dibilang sulit. Banyak hal yang harus kita pertimbangkan dan survei untuk merantau. Hal-hal apa sajakah itu? Berikut merupakan hal yang bisa anda persiapkan:

  • ALASAN YANG KUAT

Sebelum memulai ngekost, pastikan anda membuat alasan yang kuat mengapa anda ingin melakukan ini? Dan pastikan alasan tersebut merupakan alasan yang positif. Dari pengalaman saya, saya membuat alasan pendidikan sebagai alasan saya untuk memulai ngekost. Saya ingin ngekost karena saya merantau untuk menempuh pendidikan S1.


  • SURVEI LINGKUNGAN TEMPAT KOST

Hal ini juga merupakan hal yang terpenting untuk membuat anda nyaman ketika ngekost. Carilah tempat kost di tempat-tempat yang strategis. Misalnya, dekat dengan tempat-tempat makan, kampus, laundry, dll.


  • CARI KERABAT ATAU ORANG YANG ANDA TAHU

Mengapa? Karena kita bisa menanyakan hal-hal yang lebih dalam atau lebih rinci pada daerah kita ngekost.


  • SIAPKAN BERKAS-BERKAS YANG DIPERLUKAN

Berkas-berkas saya yang saya maksud, seperti berkas yang diperlukan jika kita ingin berpergian ke rumah sakit, membawa berkas-berkas nilai rapot dan ijazah, kartu keluarga, dll.


Masih banyak lagi hal-hal yang dapat anda persiapkan. Namun, hal-hal di atas adalah hal yang harus dilakukan pertama kali jika kalian kebingungan untuk memulai darimana. Tips terakhir dari saya, jika kalian sudah tidak nyaman atau mempertanyakan ulang mengapa kalian ngekost atau merantau. Ingat ulang alasan awal anda tersebut.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun