Mohon tunggu...
VLADIMIR KIRI
VLADIMIR KIRI Mohon Tunggu... Seniman - Anak segala bangsa

Halo teman-teman, Banyak yang bertanya kepada saya, ‘mengapa tidak ke Kanan?” (Wkwkwk). Nama saya Vladimir Kiri. Biasa orang panggil saya Vlad Kiri dan saya berasal dari Ukraina. Saya pernah tinggal di Cina, Rusia dan Indonesia. Perjalanan saya ke Indonesia membawa kesan dan kenangan tersendiri. Halaman ini terbuka bagi kita untuk dapat saling berkomunikasi, bercerita, serta berbagi cerita tentang Indonesia. Saya terbuka sekali untuk dapat mendengar juga kisah teman-teman melalui komentar atau pesan kepada saya di halaman ini. Ya, kan, orang Indonesia sudah seperti keluarga saya sendiri. Hobi saya menulis dan melukis. Saya bicara Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Cina, Bahasa Rusia dan Bahasa Ukraina. Kalian bisa temukan saya di: YouTube, IG, FB.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Saya Siapa? Kenapa Saya Suka Indonesia? Dan Apa yang Saya Lakukan?

4 April 2020   14:21 Diperbarui: 4 April 2020   14:30 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Halo! Saya Vladimir Kiri. Selamat datang di halaman saya dan silakan membaca. Foto pribadi.

Halo semuanya! Selamat datang di halaman saya. Di halaman ini saya akan memperkenalkan diri danjuga menceritakan tentang halaman ini.

Arti Nama Saya

Nama saya Volodymyr Kyrychenko. Saya berasal dari Ukraina. Saya lahir di kampung di Ukraina Timur bernama Luhansk. Mungkin banyak yang tidak tahu dimana Luhansk. Keluarga saya sederhana sekali. Dalam budaya Rusia dan Ukraina, nama saya dipanggil Vova, tapi untuk orang Indonesia nama saya susah sekali diucapkan. Karena susah, di Indonesia banyak orang panggil saya 'Vivo' (merek HP), atau Giva, Vovo, Viva, Fova. Jadi saya mulai kenalkan nama saya, Vlad. Nama 'Vlad' tidak susah seperti Vova, tapi masih ada saja orang panggil saya Fled, Flad. Saya tidak keberatan dan buat saya itu lucu.

Lalu, nama keluarga saya "Kyrychenko". Seperti "Volodmyr", nama keluarga saya juga susah diucapkan untuk orang Indonesia. Karena susah, saya mulai menggunakan nama "Kiri", tetapi di dalam Bahasa Indonesia kata "kiri" berarti "ke kiri atau belok kiri". Orang-orang mulai bertanya saya kenapa tidak "ke kanan". Lucu, kan?

Saya berpikir, kalau orang-orang sudah ada ketertarikan pada nama saya, artinya sudah ada interaksi dan komunikasi.

Pendidikan Saya

Saya mendapat gelar S1 dari Universitas Pendidikan di Ukraina tahun 2015. Sebelumnya, saya belajar Bahasa Cina dan Bahasa Inggris. Saya pernah ke Cina (kota Beijing dan kota Jinhua di propinsi Shanghai) untuk belajar Bahasa Cina. Waktu saya di Cina, saya bertemu banyak teman. Di Cina saya belajar bagaimana hidup mandiri dan bertahan di negara lain ketika jauh dari rumah dan keluarga. Kemudian, saya mendapat S2 dari Higher School of Economics (HSE) di Ibukota Rusia -- Moskow tahun 2017. Di sana saya belajar tentang manusia, ekonomi, dan politik Asia. Saya pertama kali mulai berkenalan dengan orang dari Indonesia ketika saya belajar di Moskow.

Setelah selesai belajar di Moskow, saya direkomendasikan oleh dosen saya untuk pergi ke Jakarta untuk belajar dan bekerja. Tanpa banyak berpikir, saya langsung setuju.

Ketika saya di Jakarta, saya bertemu dengan teman-teman sekelas saya di Moskow. Ini merupakan pengalaman yang sangat menarik untuk saya, karena saya bisa mengunjungi mereka di kampung halaman mereka di Indonesia.

Kehidupan di Jakarta

Ketika baru datang ke Jakarta saya tidak mengerti Bahasa Indonesia dan tidak tahu tentang budaya Indonesia sama sekali. Saya harus belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun