Mahasiswa KKN Tematik UPI menyelenggarakan sosialisasi   pentingnya strategi pemasaran pada UMKM. Strategi pemasaran merupakan cara yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk memuaskan dengan tujuan memperoleh keuntungan. Usaha kecil yang dimiliki oleh beberapa orang yang ada di kelurahan Parupuk Tabing tidak berkembang dan tertinggal. Saya mengunjungi beberapa dari mereka yang memiliki usaha kuliner rumahan dan melihat adanya potensi yang baik di dalamnya untuk berkembang dikenal oleh masyarakat luas.
Oleh karena itu, saya mengadakan kegiatan sosialisasi Pentingnya Strategi Pemasaran pada UMKM yang diikuti beberapa orang yang ada di kelurahan yang memiliki usaha ataupun sekedar ingin belajar. Mulai dari menjelaskan pemasaran pada UMKM secara umum, membuat desain usaha di sosial media, hingga cara promosi secara online dan offline.Â
Kegiatan sosialisasi berlangsung mulai pukul 09.00 - 10.30 dipandu oleh saya sendiri sekaligus menjadi host. Selanjutnya, orang-orang yang mengikuti kegiatan mengirimkan dan memperlihatkan progres pemasaran secara online dan offline pada usaha mereka masing-masing.
Apabila kita tidak peduli dengan masyarakat yang tertinggal dengan adanya peran pemasaran di dunia teknologi dan bisnis, maka masyarakat hanya akan diam dan merenungi nasib. Ilmu yang saya dapatkan di kampus saya berusaha menerapkan di masyarakat agar sedikit demi sedikit peran sosial media, teknologi, dan bisnis dapat mereka kenal terutama pda bidang pemasaran agar kesejahteraan masyarakat selalu meningkat dan terhindar dari kemiskinan.