Mohon tunggu...
VIVI WULANDARI
VIVI WULANDARI Mohon Tunggu... Orang hebat

Saya hanya mahasiswa biasa yang ingin mengembangkan bakat menulis saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Negara

26 April 2021   13:22 Diperbarui: 26 April 2021   13:29 32 1 0 Mohon Tunggu...

Pancasila adalah yaitu cita-cita dan dinamika yang digali dari bumi indonesia sendiri yaitu Kekayaan, moral, budaya dll. Betapa hebatnya para pemimpin negara ini, yang telah memberi landasan yang kokoh bagi suatu negara yang multi etnis, ribuan pulau, dan kaya sumber daya alam yang telah menjadi daya tarik asing untuk campur tangan. Rumusan pancasila yang sekarang bukanlah suatu yang tiba-tiba apalagi kebetulan, pancasila merupakan hasil pemikiran dari pemimpin-pemimpin kita yang terdahulu yang dilakukan oleh BPUPKI.
 
Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa dan negara bukanlah hasil dari fikir perseorangan dan dinobatkan sebagai ideologi. Melainkan pancasila digali dari bumi pertiwi dan bumi indonesia sendiri, ideologi terbuka tidak hanya dibenarkan, melainkan dibutuhkan. Oleh karena itu ideologi terbuka adalah milik semua rakyat, sehingga masyarakat dapat menemukan jati dirinya, kepribadian dalam dirinya tersebut.
 
Pancasila adalah jelas pondasi negara bukan yang lain bukan sekedar pilar tapi dasar bangunan itu sendiri. Pancasila sebagau dasar negara adalah sumber dari segala sumber hukum, atau sumber tertib hukum. Sebagai dasar negara, pancasila harus selalu ditanamkan dan dipertahankan kepada seluruh rakyat indonesia. Pancasila sebagai benteng dan pegangan dalam kehidupan bangsa dan bernegara saat ini dan dimasa yang akan datang.
 
 
 

VIDEO PILIHAN