Mohon tunggu...
Vivi Novita Sari K7617091
Vivi Novita Sari K7617091 Mohon Tunggu... Mahasiswa UNS

Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN COVID UNS: Edukasi Perilaku Hidup Sehat dan Budidaya TOGA Sebagai Bentuk Kontribusi Pencegahan Covid-19

27 Juli 2020   14:30 Diperbarui: 27 Juli 2020   15:40 22 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN COVID UNS: Edukasi Perilaku Hidup Sehat dan Budidaya TOGA Sebagai Bentuk Kontribusi Pencegahan Covid-19
Dok. pribadi

Senin (27/07/2020) Pandemi virus Covid-19 sampai saat ini masih menghantui berbagai negara di dunia khususnya Indonesia. Kegiatan KKN Covid UNS ini dapat digunakan sebagai sarana mahasiswa untuk meningkatkan kewaspadaan warga agar tidak terjadi persebaran virus yang semakin banyak di daerah masing-masing.

Mahasiswa KKN COVID UNS mengajak warga RT 01/RW 08 Dsn. Sambirobyong Ds. Geneng untuk hidup bersih dan sehat di kondisi pandemi seperti ini. Mahasiswa KKN mengajak warga untuk membuat tempat cuci tangan dari barang bekas seperti: ember, galon, tempat sampah yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat cuci tangan di depan rumah.

Tidak hanya itu mahasiswa juga melakukan sosialisasi secara daring bagaimana cara cuci tangan yang benar, memasang MMT protokol kesehatan di jalan masuk dan menyediakan tempat cuci tangan di POSKAMLING. " Program KKN saya kali ini ingin mengajak warga untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dengan membiasakan cuci tangan sebelum masuk rumah dan mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas". Ungkap Vivi mahasiswa KKN Covid UNS.

Dikondisi pandemi seperti ini menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk mencegah masuknya virus dalam tubuh kita. Mahasiswa KKN Covid UNS memiliki program yang unik yaitu mengajak warga untuk melakukan budidaya  TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di pekarangan rumah.

Vivi mahasiswa KKN Covid UNS mengatakan "Saya ingin mengedukasi warga RT 01/RW 08 Dsn. Sambirobyong bahwa pentingnya TOGA (Tanaman Obat Keluarga) untuk menjaga daya tahan tubuh dan bahkan dapat digunakan sebagai ide bisnis karena mengingat tanaman jahe sempat melunjak tinggi ". Diharapkan warga dapat menanam sendiri tanaman obat keluarga di pekarangan rumah dengan modal yang murah namun kaya manfaat. Berikut tayangan video cara budidaya tanaman obat keluarga.


Kegiatan KKN ini disambut sangat baik oleh ketua RT dan warga sekitar. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan KKN Covid UNS ini, karena sangat mengedukasi warga kami agar lebih waspada terhadap persebaran Covid-19 ". Ungkap Sukiman ketua RT 01/RW 08.

Kegiatan KKN Covid UNS ini walaupun sebagian besar dilakukan secara daring dapat berjalan dengan lancar karena warga sangat mendukung semua program yang dilakukan oleh mahasiswa.

VIDEO PILIHAN