Mohon tunggu...
Vivin Purwandini
Vivin Purwandini Mohon Tunggu...

ibu nya anak-anak, yang hobi nge net , suka baca dan nulis :)

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Kluban Bothok dan Kluban Pindang Tetel

8 Agustus 2011   06:00 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:59 0 0 2 Mohon Tunggu...

Kluban Bothok itu makanan warga Pekalongan ,  khususnya di wilayah Kabupaten Pekalongan , seputar Kec.  Kedungwuni, Pekajangan , Wonopringgo pada sore hari menjelang Magrib dan setelah magrihb warung Kluban Bothok dan Pindang Tetel rame di serbu penikmat kuliner. Kluban itu Urapan terdiri dari Kacang panjang, taoge, Kol, bayam atau kangkung dengan bumbu Mboksiyah = lombok trasi uyah (garam ), di tambah kencur dan di urap bersama parutan kelapa. Sedangkan Bothok itu sayur Lodeh yang biasanya berisi Tahu dan Bonkrek  dengan santen encer trus di guyurkan ke sepincuk (daun pisang yang di lipet dan di semat lidi untuk tempat Kluban ). terakhir sebagai topiing hihihi adalah sambel gula jawa, makannnya biasanya di taruh di tangan kiri . Tangan kanan bisa puas menikmati kluban botok sambel dan menuntunnya masuk ke Mulut... hmm yummy tonjokan sambelnya apalagi kalau orang Kedungwuni.. biasanya  nggak eman-eman kasih cabe untuk buat  sambel..yang bikin HUHA..HUHA , sesekali tangan kanan bisa juga kok nyem-nyem  sepotong tempe glepung , bongkrek atau tahu susur .... wuuih sedeepee... Truuuus kalau kepedesan gimana donk hehehe pesen aja Es kolok ...sruuput.... hhmm di jamin makan siangnya bisa tahan sampai jam 2 ...:)) nah Kluban ini biasanya bisa di nikmati juga dengan PINDANG TETEL KLUBAN PINDANG TETEL

apa lagi tuuh ... hmmm jangan di bayangkan PINDANG itu ikan laut yaa...PINDANG TETEL itu makanan sejenis Rawon. Garang asem atau Krengsengan , sejenis karena berkuah Hitam dengan bumbu Kluwak ...isinya tetelan daging kerbau ...bumbunya yang di gongso dan berminyak jadi menambah tampilan kuahnya yang sedikit berkilau-kilau kata orang Ndungwuni Nglamiir...PINDANG TETEL pas banget buat teman makan semangkung atau se Pincuk KLUBAN . Jadilah menu baru KLUBAN PINDANG TETEL yang yammy bagi lidah warga pekalongan.
jangan lupa teman setia yang pas buat menyantap PINDANG TETEL adalah KRUPUK USEK... Krupuk yang khasnya berwarna merah dan putih yang di goreng dengan pasir memang teman yang cocok buat makan pindang tetel. konon Pindang tetel akan berubah rasa bila krupuknya adalah krupuk yang di goreng pakai minyak. Kluban Bothok dan Kluban Pindang tetel biasanya jadi makanan yang di kangenin warga Pekalongan di luar kota, setiap lebaran tiba , Pedagang Kluban Bothok /Pindang tetel selalu ramai di buru pendatang , bahkan H+2 setelah lebaran makanan ini paling di cari karena praktis udah enek dengan Ketupat dan lontong opor... sambil bersilaturahmi atau ngumpul-ngumpul siang -siang enaknya Ngluban dan Ntetel dulu.....wee pokoke sakpore nyakin po o rasane ..  :))

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x