Mohon tunggu...
Vivi Lestari Bachtar
Vivi Lestari Bachtar Mohon Tunggu... Vivi Lestari Bachtar - Universita Mercu Buana

Vivi Lestari Bachtar - Universita Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar Statistik Lengkap dan Mudah Lewat Buku Statistik Sosial Morissan

27 April 2020   20:39 Diperbarui: 27 April 2020   20:50 21 0 0 Mohon Tunggu...

Morissan adalah seorang doktoral, kandidat di sekolah komunikasi, Universiti Sains Malaysia (USM) di Penang, Malaysia. Penelitiannya adalah tentang ekonomi politik dan kinerja industri televisi Indonesia kontemporer. Beliau bekerja sebagai koresponden, editor, dan pembuat berita untuk berbagai perusahaan media nasional dan internasional, termasuk Reuters (Inggris), pers terkait (Amerika Serikat), Metro TV (Indonesia), dan Antara News selama hampir 15 tahun.

               Saat ini ia bekerja sebagai dosen di fakultas komunikasi, Universitas Mercu Buana (UMB) di Jakarta. Sejauh ini, Morissan telah menghasilkan sepuluh publikasi dalam bahasa Indonesia dalam komunikasi dan studi media termasuk manajemen siaran, jurnalisme siaran, iklan, dan hubungan masyarakat. Beliau telah aktif di berbagai forum akademik di tingkat nasional dan internasional.

               Buku Statistik Sosial ini ditulis dengan tujuan untuk membangun kepercayaan diri dan juga kemampuan siswa dalam mengerjakan analisis statistik. Buku ini berusaha menunjukkan bagaimana statistik dapat digunakan dalam penelitian sosial sehingga siswa dapat merasakan manfaat yang diperoleh dari mempelajari statistik, dan bukan malah menghindari statistik.

               Pembahasan untuk setiap topik pada buku ini selalu diawali secara bertahap, dimulai dengan konsep statistik sederhana dengan sedikit kalkulasi statistik hingga ke konsep yang lebih rumit. Buku ini menjelaskan bagaimana seharusnya data disajikan, dijelaskan dan bagaimana menarik kesimpulan mengenai apa yang terjadi pada populasi berdasarkan sampel yang diperoleh. Buku ini menggunakan data sederhana sebagai contoh guna membantu siswa memahami prinsip dasar statistik.

Buku Statistik Sosial ini berisi 344 halaman, dengan 12 bab. Bab pertama membahas tentang Pendahuluan. Berisi tentang Hipotesis Penelitian, menjelaskan tentang Tujuan Hipotesis, Syarat Hipotesis, dan Hipotesis Nol. Selanjutnya penulis dalam bab ini menjelaskan tentang Hubungan Variabel. Didalam Hubungan Variabel, penulis juga menjelaskan tentang Syarat Hubungan Sebab Akibat, Penelitian Model Nomotesis, dan Faktor Sebab. Penulis juga menjelaskan tentang Variabel Diskrit dan Kontinus, Definisi Opersional, Pengukuran dan Sistem Kuantifikasi pada bab ini.

Pada bab kedua, membahas tentang Populasi dan Sampel. Dalam bab kedua, berisi tentang Metode Penarikan Sampel, Sampel Non Probabilitas, Sampel Probabilitas, dan cara Memilih Teknik Penarikan Sampel yang Tepat. Pada bab ketiga, membahas tentang Karakteristik Data. Menjelaskan tentang Kecenderungan Memusat, dan Dispersi.

Pada bab keempat, membahas tentang Tabel Distribusi Frekuensi. Menjelaskan tentang Distribusi Data, Interval Kelompok, dan Grafik Frekuensi. Pada bab kelima, membahas tentang Kesalahan Sampel. Menjelaskan tentang Teori Probabilitas, Distribusi Normal, Kesalahan Baku (Standard Error), Wilayah Kesalahan, Sampling Error, Proporsi Sampel, Tingkat Kepercayaan, Margin Of Error dan Interval Kepercayaan, dan Nilai Rata-Rata Sampel.

Pada bab keenam, membahas tentang Kurva Normal & Skor Z. Menjelaskan tentang Wilayan di Bawah Kurva, Rumus Skor-z, Penerapan Skor-z, dan Ringkasan. Pada bab ketujuh, membahas tentang Uji Hipotesis. Menjelaskan tentang Signifikasi Statistik, Langkah Uji Hipotesis, Uji Signifikasi, Kesalahan (Error), dan Ukuran Efek.

Pada bab kedelapan, membahas tentang Statistik Uji -- T. Menjelaskan tentang Uji-t dan Skor-z, Hipotesis Uji-T, Uji-T Satu Sampel, Mengukur Efek, Interval, Kepercayaan, Hipotesis Direksional, Membangun Hipotesis Nol, Ukuran Efek, Interval Kepercayaan T, dan Uji Ekor Satu.

Pada bab kesembilan, membahas tentang Uji -- T Dua Sampel Indepeden. Menjelaskan tentang Penggunaan, Statistik Uji-T, Uji Hipotesis & Ukuran Efek, Interval Kepercayaan, Uji Ekor Satu, Syarat Sampel Independen, Uji Hartley, dan Uji Satu atau Dua Sampel.

Pada bab kesepuluh, membahas tentang Analisis Varian. Menjelaskan tentang ANOVA Lebih dari Satu Sampel, Distribusi Rasio F, Uji Hipotesis dan Ukuran Efek, Ukuran Sampel Berbeda, ANOVA Satu Sampel, ANOVA Dua Faktor, dan Ukuran Efek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN