Mohon tunggu...
Vivi Fariska
Vivi Fariska Mohon Tunggu... Riska
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Vivi Ika fariska

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Struktur Neuron dan Sistem Kerjanya

21 Februari 2021   09:55 Diperbarui: 21 Februari 2021   10:22 326 8 0 Mohon Tunggu...

Di sini saya ingin mengulas kembali tentang struktur neuron, yang dulu sudah pernah diajarkan dari sejak MTS atau SMA. Kalian pada ingat gak?

Apasih struktur neuron itu ? Sel saraf atau yang bisa disebut dengan Neuron, bisa di jelaskan  jenis tertentu dari sel yang khusus untuk mengirim dan menerima informasi. Sel saraf ini berfungsi untuk menghantarkan implus dari suatu rangsangan. Satu sel saraf terdiri dari badan sel, dendrit dan akson. Disini saya akan jelaskan sistem kerja dari sel saraf atau yang disebut dengan neuron.

Bagian neuron aitu badan sel (soma), dendrit, mitokondria, akson dan zona-zona pada neuron, secara umum ada 3 bagian utama neuron yaitu badan sel, dendrit (penjuluran dari badan sel) dan akson. Badan sel mengandung materi genetik dan sebagai pusat metabolisme sel saraf, badan sel ini terdiri atas nukleus (inti sel) dan  nukleous (anak inti).

Dendrit

Dendrit berupa sruktur mengerucut dan bercabang dari badan sel (soma). Berfungsi sebagai penerima sinyal (implus) dari neuron lain. Dendrit memiliki saluran yang dilalui oleh ion natrium sebagai bentuk respon kimia dari implus neuron lain. Bentuk dendrit yang bercabang mendukung penerimaan sebagai macam implus, dendrit memiliki struktur jonjot kecil disebut spirus dendrit. 

Tipe-tipe dendrit yaitu disebut dendrit primer (primary dendrite) merupakan penjuluran langsung dari badan sel, dan dendrit ujung atas (higher oder dendrite) adalah percabangan dari dendrit primer. Panjang satu dendrit bisa lebih dari 1 milimeter atau hanya berkisar 10-20 mikrometer.

Mitokondria

Mitokondria bertugas menyediakan energi, baik untuk transmisi sinapsis ataupun sintesis substrak kimia neurotransmitter berupa asam amino glutamat. Sebagai tambahan, mitokondria mengandung enzim untuk mendegradasi ( memecah) molekul neurotransmitter, seperti MOA (monoamine oxidase : enzim katalase ) berfungsi mendegradasi molekul catecholamine dan hydroxytryptophan. Juga mengandung enzim gaba transminase, berfungsi mendegrasi gaba (Gamma Aminobutric Acid).

Akson

Bagian pertama akson adalah sehmen perpanjangan dari soma disebut hillock. Hillock akson adalah bagian terspesialisasi dari soma (badan sel) sehingga mrmiliki struktur berbeda dari soma ataupun dendrit. Pada akson tidak ditemukan retikulum endoplasma  kasar (rough RE), bibosom dan aparatus golgi. Retikulum endoplasma halus (RE halus) bertugas dalam transportasi ion kalsium antar sel. RE halus mengikat ion kalsium dan menjaga konsentrasi sitoplasna tetap rendah, berkisar sepuluh pangkat minus tujuh. Ujung akson terbagi menjadi beberapa presinapsi. Pada setiap ujung presunapsi terdapat tonjolan sinapsi yang disebut bouton. Akson diselimuti oleh selubang mielin.

 satu lapis mielin yang menutupi permukaan akson merupakan struktur kompleks dari lipid. Pada sistem saraf perifer selubang mielin menyelimuti semua bagian akson kecuali bagian ujung akson dan bagian nodus rarivier. Dengan jarak 1 mikrometer tiap mielin dan panjang mielin dan nodus rarivler adalah 1 milimeter. Pada sistem saraf pusat (centralbnervous sistem ) selubang mielin yang menyelimuti neuron, diproduksi oleh sel oligodendrosit, bukan oleh sel schwan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN